Bupati minta Kades di Kapuas selalu budayakan gotong royong

id kalimantan tengah,kalteng,kapuas,bupati kapuas,kades kapuas,ben brahim

Bupati minta Kades di Kapuas selalu budayakan gotong royong

Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kapuas Ary Egahni Ben Bahat, saat membuka secara resmi kegiatan Pencanangan BBGRM Ke-16, HKG-PKK Ke-47 dan Hari Keluarga Ke-26 Tingkat Kabupaten Kapuas tahun 2019 di Desa Sei Tatas Hilir Kecamatan Pulau Petak, ditandai dengan pemukulan Katambung, Kamis (21/11). (ANTARA/HO)

Kuala Kapuas (ANTARA) - Bupati Kapuas, Kalimantan Tengah, Ben Brahim S Bahat mengingatkan sekaligus meminta seluruh kepala desa di kabupaten setempat setempat, agar selalu membudayakan gotong royong dalam menyusun dan membuat program pembangunan.

Permintaan itu disampaikan Ben pada saat membuka secara resmi kegiatan Pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) Ke-16, Hari Kesatuan Gerak PKK (HKG-PKK) Ke-47 dan Hari Keluarga Ke-26 Tingkat Kabupaten Kapuas 2019, di Desa Sei Tatas Hilir, Kecamatan Pulau Petak, Kamis (21/11).

"Apabila ada memprogramkan pembuatan sanitasi maupun sumur bor di wilayah setempat maka harus dikerjakan bersama-sama dengan masyarakat sekitar," ucapnya.

Selain meningkatkan budidaya gotong royong, Bupati Kapuas itu juga menilai perlunya membuat sanitasi. Sebab, keberadaan sanitasi dapat mengurangi dampak stunting di Kabupaten Kapuas.

Dia mengatakan Tim Penggerak PKK Kabupaten Kapuas  agar selalu melakukan koordinasi yang baik dengan Pemerintah Daerah ataupun sebaliknya sehingga masyarakat Kabupaten Kapuas semakin sejahtera kedepannya.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Kapuas, karena selalu menjaga kerukunan dan kebersamaan antar sesama sehingga Kabupaten Kapuas sudah beberapa kali mendapatkan penghargaan dalam hal kerukunan,"ucapnya.

Sementara itu, Ketua Umum TP-PKK Pusat dalam sambutannya yang dibacakan oleh Ketua TP-PKK Kabupaten Kapuas Ary Egahni Ben Bahat mengharapkan, agar kegiatan seperti ini bukan semata-mata kegiatan rutin tahunan saja tetapi harus selalu menimbulkan gelora yakni membawa semangat baru pada setiap gerak langkah gerakan PKK.

Oleh karena itu melalui kegiatan tersebut, dirinya mengajak seluruh jajaran Tim Penggerak PKK untuk selalu memberikan bimbingan, pembinaan dan fasilitasi yang berkelanjutan kepada kader-kader PKK termasuk kader Dasawisma karena disanalah terletak fungsi kinerja dan program-program PKK agar tetap selaras dengan program-program Pemerintah.

Baca juga: Guru PAUD Kapuas diharapkan melakukan ini kepada anak didik

Pada kegiatan tersebut, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Kapuas Yan Marto, dalam laporannya mengatakan, bahwa tujuan dilaksanakannya kegiatan pencanangan ini untuk terus menggelorakan budaya gotong royong dan gerakan pemberdayaan masyarakat serta kesejahteraaan keluarga dari, oleh dan untuk masyarakat.

"Saya mengharapkan kepada seluruh masyarakat untuk menyatukan gerak langkah seluruh potensi komponen masyarakat lintas sektor dan program dalam upaya pencegahan dan penanganan stunting sebagai salah satu isu yang harus dicari jalan penyelesaiannya secara bersama di Kabupaten Kapuas,"demikian Yan Marto.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat didampingi Ketua TP-PKK Kabupaten Kapuas Ary Egahni Ben Bahat dan Ketua GOW Kabupaten Kapuas Asmah Nafiah Ibnor serta Unsur Forkopimda Kabupaten Kapuas membuka secara resmi kegiatan tersebut ditandai dengan pemukulan Katambung.

Usai membuka kegiatan tersebut, Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat didampingi Ketua TP-PKK Kabupaten Kapuas melakukan penyerahan bantuan atau stimulan secara simbolis dan dilanjutkan dengan peninjauan ke beberapa stan Kecamatan dan Dinas. 

Baca juga: Pemkab Kapuas dukung Muhammadiyah tingkatkan kontribusi membangun daerah

Baca juga: 'Ketupat Kuning' guna mewujudkan Kapuas bebas stunting