Kehadiran TKSK berperan mengurangi permasalahan sosial di Kalteng

id kalimantan tengah,kalteng,dinsos kalteng,Budi Santoso,Petugas TKSK Kalteng

Kehadiran TKSK berperan mengurangi permasalahan sosial di Kalteng

Sekretaris Dinas Sosial Kalteng Budi Santoso. (ANTARA/Adi Wibowo).

Palangka Raya (ANTARA) - Dinas Sosial Kalimantan Tengah menilai kehadiran Tenaga Kerja Sosial Kecamatan (TKSK), sangat membantu pemerintah setempat mengurangi permasalahan-permasalahan sosial di setiap kecamatan yang ada di daerah setempat.

Petugas TKSK ini juga yang melakukan pendampingan terhadap masyarakat yang berhak menerima Beras Sejahtera (Rastra) yang tahun depan akan berganti menjadi Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) selama ini, kata Sekretaris Dinas Sosial Kalteng Budi Santoso di Palangka Raya, Jumat.

"Petugas TKSK yang sudah dipercayakan oleh instansi di daerah masing-masing, juga berperan untuk menseleksi masyarakat miskin yang nantinya berhak menerima bantuan dari pemerintah apa tidak," tambah dia.

Menurut dia, tidak hanya itu, Petugas TKSK juga yang mengawasi masyarakat penerima bantuan tersebut apakah sudah tidak layak lagi menerima bantuan atau tidak mereka juga akan terus melaporkan perkembangan tersebut ke pihak dinsos.

"Mereka juga akan melaporkan apa saja kendala-kendala mereka dilapangan saat bertugas di wilayahnya," bebernya.

Budi menambahkan, di Provinsi Kalimantan Tengah masyarakat yang miskin yang menerima BPNT dalam tahun ini berjumlah 81 ribu orang. Sedangkan masyarakat yang menerima bantuan dari Program Keluarga Harapan (PKH) dari Dinsos Kalteng berjumlah 45 ribu orang.

Baca juga: Dinsos Kalteng kucurkan Rp150 miliar untuk entaskan kemiskinan

"Semoga dengan adanya bantuan melalui program-program dari Dinsos Kalteng, semua permasalahan kemiskinan serta masalah soial bisa ditekan agar tidak meningkat setiap tahunnya," ungkapnya.

Budi yang juga menjabat Manajer Kalteng Putra U18-U20 berharap, dengan program-program yang sudah dilaksanakan setiap tahunnya bisa membantu masyarakat yang benar-benar membutuhkan bantuan itu.

"Semoga dengan program-program yang kami miliki ini angka kemiskinan serta lain sebagainya bisa menurun sesuai harapan pemerintah daerah setempat," tandasnya.

Baca juga: Dinsos Kalteng sekalipun tak pernah telantarkan lansia

Baca juga: Dinsos Kalteng siap antisipasi dampak akibat banjir