Wakili Kalteng, Kotim juara umum Kejurnas Drumband

id Wakili Kalteng, Kotim juara umum Kejurnas Drumband,Kotim,Kotawaringin Timur,Sampit,Drumband

Wakili Kalteng, Kotim juara umum Kejurnas Drumband

Kontingen drumband Kotawaringin Timur yang mewakili Kalteng berfoto usai menerima piala sebagai Juara Umum Kejurnas Drumband Tingkat Junior di Provinsi Bengkulu yang berakhir Minggu (24/11/2019). ANTARA/Istimewa

Sampit (ANTARA) - Kelompok drumband binaan Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur yaitu Drum Corps Handep Mentaya Praja yang mewakili Persatuan Drum Band Indonesia Kalimantan Tengah, berhasil meraih juara umun di Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Drumband Tingkat Junior di Provinsi Bengkulu.

"Kami bersyukur kerja keras tim dan dukungan semua pihak mampu mengantarkan kita meraih juara umum. Ini tentu sangat menggembirakan dan membanggakan kita semua. Kami berterima kasih atas dukungan semua pihak, khususnya pemerintah daerah dan masyarakat," kata Manajer Tim, Nato dihubungi dari Sampit, Senin.

Kejuaraan Nasional Drumband Tingkat Junior berlangsung mulai 20 hingga 24 November 2019 di Gelanggang Olahraga Remaja (GOR) Sawah Lebar Provinsi Bengkulu. Untuk mengikuti ajang ini, Kotawaringin Timur mengirim kontingen beranggota 40 orang.

Berdasarkan data panitia, event bergengsi ini diikuti kelompok drumband junior terbaik dari delapan provinsi se-Indonesia, yakni dari Sumatera Selatan, Jawa Timur, Kalimantan Tengah, Sumatera Utara, Bangka Belitung, Jawa Barat, Jambi, dan tuan rumah Bengkulu, sedangkan Kalimantan Timur batal mengikuti event tersebut.

Ada enam kategori yang diperlombakan yakni lomba baris berbaris (LBB), lomba unjuk gelar (LUG), lomba ketahanan dan ketepatan baris (LKKB) 4000 meter, lomba ketahanan dan ketepatan baris (LKKB) 2000 meter, lomba baris jarak pendek (LBJP) 400 meter dan lomba baris jarak pendek (LBJP) 600 meter.

Penampilan drumband Kotawaringin Timur benar-benar sangat memukau. Kekompakan dan kepiawaian mereka mampu membuat juri terpesona, begitu pula penonton yang menyaksikan acara itu.

Dari enam kategori lomba, Kotawaringin Timur memborong lima emas dan satu perak. Rincian medali yang berhasil mereka peroleh yaitu lomba baris berbaris (LBB) meraih emas, lomba unjuk gelar (LUG) meraih emas, lomba ketahanan dan ketepatan baris (LKKB) 4000 meter meraih emas, lomba ketahanan dan ketepatan baris (LKKB) 2000 meter meraih perak, lomba baris jarak pendek (LBJP) 400 meter meraih emas dan lomba baris jarak pendek (LBJP) 600 meter meraih emas.

Baca juga: PDIP bertekad pertahankan kemenangan di Pilkada Kotim

Perolehan ini sangat jelas membuat kontingen Kalimantan Tengah yang diwakili Kotawaringin Timur berhasil menyabet gelar juara umum. Prestasi ini benar-benar sangat menggembirakan karena kerja keras selama ini tidak sia-sia.

"Kami salut atas kerja keras seluruh anggota kontingen Kotawaringin Timur. Mudah-mudahan prestasi ini bisa terus kita tingkatkan," harap Nato.

Kesuksesan ini menambah deretan prestasi yang diraih Drum Corps Handep Mentaya Praja Kabupaten Kotawaringin Timur. Tahun 2017 lalu mereka juga berhasil menjadi juara umum Drumband Internasional Borneo Marching Day Festival V di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Tidak terkecuali pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kalimantan Tengah 2018 di Muara Teweh Kabupaten Barito Utara, mereka juga menyabet gelar juara umum.

Baca juga: DPRD Kotim optimistis kekurangan guru bisa dipenuhi bertahap