Miliki pengaruh besar, Achmad Diran jabat Plt Ketua DPW PAN Kalteng

id Politik, pan, kalteng, kalimantan tengah, partai amanat nasional, diran, achmad diran

Miliki pengaruh besar, Achmad Diran jabat Plt Ketua DPW PAN Kalteng

Sekretaris DPW PAN Kalteng Makhbub Indra Pratama (empat dari kanan) bersama pengurus lainnya, menunjukkan SK dari DPP mengenai penunjukan Achmad Diran sebagai Plt Ketua DPW PAN Kalteng periode 2015-2020, Selasa, (26/11/19). (ANTARA/Adi Wibowo)

Palangka Raya (ANTARA) - Dewan Pimpinan Pusat Partai Amanat Nasional (DPP PAN) dalam surat keputusannya, secara resmi mengangkat Achmad Diran sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN Provinsi Kalimantan Tengah.

"Hal mendasar penunjukan beliau, didasari sosoknya yang dinilai mampu menjadi pemersatu dan pengayom partai. Achmad Diran juga merupakan tokoh tua, serta memiliki pengaruh dalam perpolitikan," kata Sekretaris DPW PAN Kalteng Makhbub Indra Pratama di Palangka Raya, Selasa.

Ia mengatakan, penunjukan mantan Wakil Gubernur Kalteng dua periode 2005-2010 dan 2010-2015 tersebut sebagai ketua DPW PAN Kalteng, menggantikan Darwan Ali yang wafat karena serangan jantung beberapa waktu lalu. Dalam hal ini sama sekali tidak ada campur tangan pengurus DPW.

Langkah itu dilakukan jajaran PAN karena dalam waktu dekat, Kalteng akan melaksanakan dua pemilihan kepala daerah (pilkada), yakni pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng serta Bupati dan Wakil Bupati Kotawaringin Timur.

Apalagi jabatan ketua sangatlah krusial dan penetapan Achmad Diran sebagai Plt Ketua DPW PAN Kalteng, pihaknya nilai merupakan keputusan DPP yang sangat tepat.

"Dalam penunjukan Achmad Diran kami tidak ada campur tangan, kemungkinan DPP melihat sosok yang bersangkutan kedepan bisa mengangkat elaktabilitas PAN," ucapnya.

Indra menyampaikan surat keputusan itu sudah diterima dari DPP dan sebenarnya para kader PAN pun juga menginginkan hal yang sama, yakni Achmad Diran yang menjadi Plt.

"Banyak yang mengingkan beliau, karena sepak terjangnya di pemerintahan, organisasi dan sebagai mantan Wakil Gubernur Kalteng dua periode. Kemudian yang bersangkutan juga diyakini mampu mengangkat suara partai," jelasnya.

Indra menekankan Plt nantinya akan bekerja sampai tahun 2020 saja. Selanjutnya DPW PAN kembali akan menggelar pemilihan ketua baru untuk periode selanjutnya.  

"Kinerja seorang Plt sesuai dengan aturan yang berlaku di ADART partai. Semoga dengan dipimpin beliau DPW PAN Kalteng bisa berkembang sesuai harapan yang diinginkan selama ini," harapnya.