Taklukkan Lille, Ajax di ambang 16 besar

id Ajax ,Lille,Ajax di ambang 16 besar,Ajax berada di ambang babak 16 besar Liga Champions seusai menaklukkan tuan rumah Lille

Taklukkan Lille, Ajax di ambang 16 besar

Penyerang Ajax Hakim Ziyech (kanan) melakukan selebrasi bersama Quincy Promes usai mencetak gol ke gawang Lille dalam laga lanjutan Grup H Liga Champions di Stadion Pierre-Mauroy, Lille, Prancis, Rabu (27/11/2019) setempat. (ANTARA/REUTERS/Yves Herman)

Jakarta (ANTARA) - Ajax berada di ambang babak 16 besar Liga Champions seusai menaklukkan tuan rumah Lille 2-0 dalam laga kelima penyisihan Grup H di Stadion Pierre-Mauroy, Prancis, Rabu setempat (Kamis WIB).

Dua gol yang dicetak Hakim Ziyech dan Quincy Promes membuat Ajax mantap di puncak klasemen Grup H dengan raihan 10 poin sedangkan Lille (1) tak beranjak dari juru kunci dan masih nirkemenangan, demikian catatan laman resmi UEFA.

Ajax kini unggul dua poin dari dua pesaing terdekatnya Valencia dan Chelsea yang sama-sama mengumpulkan delapan poin seusai main imbang 2-2 di laga yang berlangsung lebih awal.

Baca juga: Curi satu poin, Napoli tunda kelolosan Liverpool

Kondisi tersebut membuat tim besutan Erik ten Hag kini hanya membutuhkan hasil imbang saat menjamu Valencia di laga pemungkas untuk bisa meloloskan diri ke babak 16 besar.

Pertandingan belum genap berjalan dua menit ketika serangan indah Ajax diakhiri dengan umpan tarik Dusan Tadic yang disambut tembakan mendatar Ziyech untuk membuka keunggulan tim tamu.

Namun, sejak itu Lille lebih banyak mendominasi pertandingan dan memperoleh peluang menyamakan kedudukan ketika Jonathan Bamba berdiri bebas di muka gawang menerima umpan dari Victor Omsihen pada menit ke-31, sayang penyelesaiannya melambung tinggi di atas mistar gawang.

Gelombang serangan yang deras dari Lille tak mampu menggoyahkan keunggulan Ajax saat kedua tim turun minum dan tuan rumah berusaha keras tetap mengendalikan permainan saat babak kedua bergulir.

Peluang dari Jonathan Ikone pada menit ke-52 tak mampu bersarang ke gawang yang sudah ditinggalkan kiper Andre Onana, sedangkan Nicolas Tagliafico melakukan sapuan gemilang demi mencegah umpan silang tiba di kaki Omsihen yang berdiri bebas di area tiang jauh enam menit berselang.

Baca juga: Jadwal Liga Champions Grup A-D pekan kelima

Alih-alih menyamakan kedudukan, sebuah serangan balik yang dilancarkan Ajax berhasil berbuah gol kedua pada menit ke-59. Diawali umpan indah Lisandro Martinez, Ziyech mengirimkan ke area tiang jauh di mana Promes berlari demi menjangkau bola dan menceploskannya melewati kiper Mike Maignan.

Pada menit ke-71, peluang Lille kali ini tepat sasaran bahkan dua kali beruntun lewat Bamba dan Benjamin Andre, namun dua kali pula Onana melakukan penyelamatan gemilang demi menjaga gawangnya tetap suci.

Delapan menit kemudian Ziyech berhasil menyarangkan bola ke gawang Lille lagi, sayang golnya kali ini dianulir VAR lantaran pemain Maroko itu terlihat menyentuh bola dengan tangannya terlebih dahulu.

Pun demikian, Lille tak mampu memanfaatkan sisa waktu yang ada bahkan untuk memperkecil ketertinggalan mereka. Ajax menutup laga dengan kemenangan 2-0 demi raihan tiga poin penting bekal persaingan menuju 16 besar.

Susunan pemain:

Lille (4-2-3-1): Mike Maignan; Mehmet Celik, Gabriel, Tiago Djalo, Reinildo; Benjamin Andre (Renato Sanches), Boubakary Soumare; Jonathan Ikone, Yusuf Yazici (Loic Remy), Jonathan Bamba (Luiz Araujo); Victor Omsihen
Pelatih: Christophe Galtier

Ajax (4-2-3-1): Andre Onana; Sergino Dest, Perr Schuurs, Lisandro Martinez, Nicolas Tagliafico; Noussair Mazraoui (Edson Alvarez), Donny van de Beek; Zakaria Labyad (Noa Lang), Hakim Ziyech (Siem de Jong), Quincy Promes; Dusan Tadic
Pelatih: Erik ten Hag

Baca juga: Laga pemungkas jadi penentu kelolosan Valencia dan Chelsea