Wabup serahkan DIPA dan Daftar Alokasi TKDD 2020

id dipa barito utara,dana tkdd,2020,dipa barut,wakil bupati barut,sugianto panala putra,polres barut

Wabup serahkan DIPA dan Daftar Alokasi TKDD  2020

Wakil Bupati Sugianto Panala Putra didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesra H Masdulhaq dan Kepala KPN Buntok Slamet Parman menyerahkan DIPA kepada Kapolres Barito Utara, AKBP Dostam Matheus Siregar di Muara Teweh, Kamis (28/11/2019).ANTARA/HO-Dokpri

Muara Teweh (ANTARA) - Wakil Bupati Barito Utara Sugianto Panala Putra menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) 2020 di aula JnB Hotem Muara Teweh, Kamis.

Kegiatan ini Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPN) Buntok, Kapolres Barito Utara AKBP Dostan Matheus Siregar, para kuasa pengguna anggaran (KPA) Barito Utara dan Murung Raya, kepala perangkat daerah dan pejabat lainnya.

Wabup Sugianto panala Putra mengatakan  Kamis (14/11)  telah dilaksanakan penyerahan daftar alokasi dana transfer ke daerah dan dana desa (TKDD) tahun anggaran 2020 dan  (DIPA kepada para Gubernur seluruh Indonesia oleh Presiden RI.

"Sedangakan pelaksanaan penyerahan daftar alokasi TKDD dan DIPA dari Gubernur Kalteng kepada Bupati dan Wali Kota di Kalteng dan kuasa pengguna anggaran satuan kerja lingkup Kalteng dilaksanakan pada 18 November 2019 di Palangka Raya," kata Wabup membacakan sambutan tertulis Bupati Nadalsyah.

Menurut dia, arahan Gubernur Kalteng bahwa diminta agar seluruh DIPA tahun depan harus sudah di serahkan kepada seluruh satuan kerja di kabupaten kota se-Kalteng paling lambat  29 November 2019.

"Sebagai tindak lanjut arahan Gubernur, Alhamdulillah pada hari ini, Kamis (28/11) dilaksanakan acara penyerahan DIPA 2020 kepada para KPA satuan kerja di wilayah Kabupaten Barito Utara serta Kabupaten Murung Raya, dan hal ini merupakan acara penyerahan DIPA tercepat sepanjang sejarah," kata Sugianto.

Menurut dia, dengan diserahkannya DIPA dan daftar alokasi TK-DD tahun anggaran 2020 lebih awal ini, diharapkan semua satuan kerja dapat segera melaksanakan sedini mungkin kegiatan-kegiatan yang telah direncanakan.

Dan khusus pekerjaan fisik atau belanja modal agar awal Desember 2019 sudah dapat mulai melaksanakan proses lelang. Hal ini sejalan dengan harapan Presiden RI Joko Widodo pada acara penyerahan di Istana Negara beberapa waktu lalu dalam rangka untuk mendorong percepatan pembangunan.

Wabup juga berharap agar para kepala SOPD pengelola DAK Fisik dan Dana Desa (DD), selalu bersinergi dan berkoordinasi dengan instansi terkait dalam rangka percepatan penyalurannya agar tidak melampaui batas waktu yang telah ditentun oleh Kementerian Keuangan.

“Oleh karena itu, marilah kita melaksanakan seluruh kegiatan yang dibiayai dari DIPA dan Dana TKDD ini dengan sebaik-baiknya sesuai rencana dan peruntukannya, transaparan serta akuntabel dalam rangka meningkatkan pelayanan dan kesejahteraan masyarakat," kata dia.

Wabup juga meminta kepada para penerima DIPA agar melaksanakan kegiatan kegiatan tahun depan secara optimal sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing, semoga bermanfaat bagi masyarakat serta kemajuan daerah.