Pemkab Kobar prioritaskan bidang pendidikan guna tingkatkan kualitas SDM

id Pemkab kobar, kobar, kotawaringin barat, pangkalan bun, nurhidayah, sarasehan, pendidikan, sdm, generasi muda

Pemkab Kobar prioritaskan bidang pendidikan guna tingkatkan kualitas SDM

Bupati Kotawaringin Barat Nurhidayah usai membuka sarasehan Gerakan Pendidikan Pemberdayaan Perempuan Mandiri (GP3M) program pendidikan berkelanjutan di Pangkalan Bun, Selasa, (26/11/2019). (ANTARA/Ho-Humas Pemkab Kobar)

Pangkalan Bun (ANTARA) - Bupati Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah Nurhidayah menjelaskan, pendidikan menjadi salah satu bidang prioritas dalam pembangunan sumber daya manusia (SDM) di Bumi Marunting Batu Aji. 

"Hal itu bertujuan agar semua sumber daya dapat ditata dan dimanfaatkan dengan baik. Namun untuk membangun SDM melalui pendidikan, tentunya membutuhkan berbagai unsur pendukung," katanya di Pangkalan Bun, Kamis.

Salah satunya terkait sarana dan prasarana, termasuk kesiapan individu untuk melibatkan diri dengan berpikir maju dan berkembang. Demi mewujudkannya, pemkab baru saja melaksanakan sarasehan Gerakan Pendidikan Pemberdayaan Perempuan Mandiri (GP3M) program pendidikan berkelanjutan.

Dalam kegiatan yang juga dihadiri Direktur Pembinaan Keaksaraan dan Kesetaraan Direktorat PAUD dan Dikmas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI itu, Nurhidayah mengapresiasi program berupa penyaluran bantuan operasional penyelenggaraan program pendidikan berkelanjutan di Kobar.

Dijelaskannya, ada enam Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) dan lima Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) di Kobar yang mendapat bantuan operasional penyelenggaraan program pendidikan berkelanjutan.

Menurutnya, program pendidikan berkelanjutan itu sesuai dengan arah kebijakan pemerintah daerah yang salah satunya, untuk meningkatkan kualitas dan akses pendidikan masyarakat. 

"Program tersebut bersinergi dengan visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Kobar dalam bidang pendidikan,” tegasnya di sela kegiatan kerjanya.

Dimensi pendidikan berkelanjutan yang mewadahi beberapa program seperti pendidikan keaksaraan, kesetaraan, pemberdayaan perempuan dan berbagai pendidikan, sangatlah tepat untuk terus dilaksanakan serta dikembangkan. 

Khususnya program pendidikan pemberdayaan perempuan, mengingat peran perempuan dalam keluarga memengaruhi kesejahteraan keluarga, sedangkan ekosistem pendidikan berkelanjutan juga berimbas terhadap pendidikan generasi berikutnya.

"Kami berharap agar pemerintah pusat terus bersinergi dengan pemerintah daerah dalam upaya meningkatkan kualitas SDM di Kobar melalui berbagai programnya," terangnya.

Untuk itu, ia berpesan kepada seluruh pemangku kepentingan di Kobar, khususnya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, senantiasa melakukan harmonisasi program-program bidang pendidikan secara berkelanjutan dengan program dari pemerintah pusat.

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar