Ratusan peserta CPNS Barito Utara ikuti simulasi CAT

id simulasi cat cpns barito utara,cpns barut,bkn regional viii banjarmasin,cpns 2019

Ratusan peserta CPNS Barito Utara ikuti simulasi CAT

Plt Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Barito Utara H Fakhri Fauzi (kedua kanan) berbincang dengan peserta simulasi CAT di SMKN 1 Muara Teweh,Sabtu (30/11/2019).ANTARA/Dokumen pribadi

Muara Teweh (ANTARA) - Sebanyak 285 orang peserta Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 di Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah mengikuti simulasi seleksi menggunakan "computer assisted test" atau CAT di SMKN 1 Muara Teweh.

"Simulasi CAT ini dibagi dalam tiga sesi masing-masing dalam tiga ruangan yang dilakukan hanya sehari dan merupakan di luar jadwal dari agenda seleksi CPNS," kata  Plt Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Barito Utara  H Fakhri Fauzi di Muara Teweh,Sabtu.

Menurut dia, simulasi ini langsung ditinjau Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Regional VIII Banjarmasin, Kalimantan Selatan Ramdhani sekaligus memantau kesiapan Pemkab Barito Utara terhadap tes CPNS di daerah ini.

Simulasi ini  dikhususkan bagi peserta calon CPNS berasal dari putra-putri Barito Utara dengan harapan setelah menjalani simulasi itu peserta terus meningkatkan pengetahuan agar memenuhi syarat yang ditentukan.
 
Peserta CPNS Barito Utara mengikuti simulasi tes CAT di SMKN 1 Muara Teweh, Sabtu (30/11/2019).ANTARA/Dokumen pribadi.

"Diharapkan mereka dapat  mengenal lebih mendalam sistem CAT, setelah simulasi ini diharapkan peserta tadi meningkatkan pengetahuannya lebih baik lagi guna menghadapi tes pada Februari 2020 nanti," kata

Fakhri menegaskan, bagi peserta CPNS diharapkan tidak percaya terhadap orang atau oknum mengaku bisa mengurus hasil tes nanti, karena dalam seleksi CPNS dengan sistem CAT tersebut, hasil nilai mulai dari awal hingga akhir sudah diketahui dan terlihat jelas dalam monitor yang ada di luar ruangan tes.

"Jadi kami tekankan lagi bahwa, tes ini memang murni hasil dari peserta tes itu sendiri bukan ada campur tangan dari orang lain, sehingga melalui usaha dan doa kepada Allah SWT lah yang harus diminta pertolongan oleh peserta tes," kata dia menegaskan.  

Dia mengatakan saat ini pihaknya sedangkan melakukan verifikasi  berkas para pelamar yang jumlahnya mencapai 569 orang sampai Selasa (3/12) dan pengumuman seleksi administrasi pada Kamis (5/12). 

para pelamar CPNS di daerah ini yang telah mendaftar secara online sampai batas berakhir masa  pendaftaran meliputi formasi apoteker ada 10 pendaftar, bidan 91 pelamar, dokter umum ada enam,  dokter gigi ada empat dan dokter spesialis jantung satu orang.

"Kemudian perawat sebanyak 109 orang, guru kelas  mencapai 236 orang, guru Bahasa Indonesia 42 pendaftar dan guru Penjasorkes  70 pelamar, kata dia.

Formasi CPNS Barito Utara tahun ini untuk tenaga pendidikan dengan formasi 72 CPNS  yakni mengisi  guru kelas sebanyak 63 formasi, guru Bahasa Indonesia empat formasi dan guru Penjasorkes lima formasi.
 
Peserta CPNS Barito Utara mengikuti simulasi tes CAT di SMKN 1 Muara Teweh, Sabtu (30/11/2019).ANTARA/Dokumen pribadi.

Sementara untuk tenaga kesehatan juga 72 formasi terdiri dari perawat ada lima formasi, bidan sebanyak 30 formasi, apoteker  dua formasi, dokter umum dan dokter gigi masing-masing 15 formasi dan dokter spesialis meliputi spesialis jantung, kandungan, paru, syaraf dan THT masing-masing satu orang.

"Dalam pendaftaran tersebut ada 23 formasi yang semuanya tenaga kesehatan terutama dokter tidak ada pelamarnya," ujar Fakhri.

Baca juga: Pelamar CPNS Barito Utara ada dokter lulusan Universitas Indonesia

Baca juga: Barito Utara buka pendaftaran CPNS malam ini jam 23.11 WIB

Baca juga: Barito Utara mendapat kuota 144 CPNS

Pewarta :
Uploader : Admin 1
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar