Anggaran pencegahan dan penanganan karhutla Seruyan capai Rp12,3 miliar

id Pemkab seruyan, seruyan, kuala pembuang, iswanti, karhutla, kebakaran hutan, kebakaran lahan, pencegahan, penanggulangan, anggaran

Anggaran pencegahan dan penanganan karhutla Seruyan capai Rp12,3 miliar

Wakil Bupati Seruyan Iswanti. (ANTARA/NOOR)

Kuala Pembuang (ANTARA) - Wakil Bupati Seruyan, Kalimantan Tengah Iswanti menyebut, pencegahan dan penanganan darurat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) menjadi salah satu program prioritas pada tahun 2020.

Iswanti di Kuala Pembuang, Sabtu mengatakan, penanganan karhutla di Seruyan dinilai perlu menjadi salah satu yang diprioritaskan, supaya antisipasi hingga penanggulangannya bisa berjalan optimal.

"Seperti yang diketahui, dampak karhutla sendiri pada tahun ini dinilai cukup besar. Makanya dengan segala pertimbangan supaya hal-hal tersebut bisa diantisipasi dan tidak terjadi, perlu dilakukan penambahan dana," katanya.

Tahun 2020 mendatang, alokasi anggaran pencegahan, kesiagaan dan penanganan darurat bencana karhutla adalah sekitar Rp12,3 miliar. Nilai itu mengalami kenaikan beberapa persen dibanding tahun sebelumnya.

Diharapakannya kenaikan anggaran tersebut bisa mengatasi atau mengantisipasi terjadinya karhutla di Seruyan pada tahun 2020. Pihaknya juga meminta dukungan kepada masyarakat untuk bersama-sama mencegah terjadinya karhutla.

"Dukungan dari masyarakat sangat penting, karena jika masyarakat berperan aktif mencegah karhutla, tentu upaya pencegahan maupun penanganan bisa dilakukan lebih baik," terangnya.