Pembentukan tim Pesparawi Bartim libatkan pelatih nasional

id Pemkab bartim, pesparawi, bartim, barito timur, tamiang layang, paku, gerejawi, gereja, paduan suara, pelatih nasional, kapuas

Pembentukan tim Pesparawi Bartim libatkan pelatih nasional

Ketua Panitia Pelaksana Pesparawi VI Barito Timur Ariantho S Muler (kelima dari kanan) bersama panitia lainnya, usai memantau pelaksanaan lomba paduan suara di Desa Tampa, Kecamatan Paku, Sabtu, (30/11/2019). (ANTARA/Ho-Panpel Pesparawi Bartim)

Tamiang Layang (ANTARA) - Kecamatan Dusun Timur berhasil menjadi juara umum Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) ke-6 tingkat Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah yang dilaksanakan di Desa Tampa, Kecamatan Paku pada 28-30 November 2019.

Ketua Panitia Pelaksana Pesparawi ke-6 Ariantho S Muler di Tamiang Layang, Minggu mengatakan, kegiatan itu diikuti oleh peserta perwakilan masing-masing kecamatan dengan jumlah keseluruhan sebanyak 830 orang.

"Tujuannya untuk menggali potensi maupun talenta peserta dalam bernyanyi yang nantinya diharapkan bisa mewakili dan mengharumkan nama Barito Timur diajang Pesparawi tingkat provinsi maupun nasional," katanya.

Ariantho mengapresiasi pelaksanaan Pesparawi ke-6 yang berlangsung tertib, aman dan lancar. Hal itu berkat kerja sama yang solid dari seluruh seksi panitia pelaksana, dibantu jajaran perangkat daerah, relawan dan komunitas serta seluruh lapisan masyarakat.

Setelah ini pihaknya akan melakukan evaluasi terhadap kekurangan dan kelebihan, agar kedepannya gelaran Pesparawi bisa menjadi lebih bagus lagi. Baik dari sisi pelaksanaan seremonial kegiatan, hingga tahapan berbagai lomba.

Pria yang juga menjadi Ketua I Lembaga Pengembangan Pesparawi Daerah (LPPD) Bartim yang membidangi paduan suara itu menambahkan, untuk ke tingkat provinsi, panitia dan pengurus LPPD akan melaksanakan instruksi Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas, agar kontingen kabupaten mengirim peserta semua kategori.

LPPD akan bekerja sama dengan pelatih nasional dan melakukan seleksi kembali peserta pada Pesparawi ke-6 tingkat kabupaten, untuk menjadi peserta Pesparawi tingkat provinsi yang dilaksanakan di Kapuas.

"Jadi yang juara satu tidak pasti semuanya menjadi peserta Pesparawi tingkat provinsi. Nantinya tim paduan suara, baik kategori paduan suara putra, wanita hingga dewasa campuran adalah gabungan dari hasil seleksi dan akan dikarantina selama pemusatan latihan oleh pelatih nasional," jelasnya.

Ketua LPPD Barito Timur Barnusa mengatakan, kedepan pihaknya akan melakukan pelatihan di setiap kecamatan, baik tingkat remaja maupun tingkat anak-anak, sehingga masing-masing kecamatan memiliki pianis-pianis muda yang berbakat.

"Dalam hak pembinaan, LPPD Barito Timur akan bekerja sama dengan LPPD kecamatan dan berkolaborasi dengan para pendeta," terangnya.

Sementara itu bupati melalui Asisten III Setda Bartim Patt Budiman Anjab mengucapkan terima kasih kepada seluruh komponen yang turut serta membantu, hingga terlaksananya Pesparawi ke-6 dengan baik dan optimal.

"Untuk persiapan Pesparawi tingkat provinsi, panitia dan LPPD Barito Timur diharapkan mampu menampung dan menyeleksi peserta terbaik dari kecamatan, sehingga apa yang dicita-citakan untuk menjadi lima besar bisa tercapai," ungkapnya.

Dari data panitia, Kecamatan Dusun Timur sebagai Juara Umum dengan rincian sebagai berikut, yakni Dusun Timur meraih teladan I pada lomba paduan suara wanita dengan nilai 1.275 poin, disusul Paku 1.266 poin dan Benua Lima 1.260 poin.

Kecamatan Dusun Timur meraih teladan I paduan suara dewasa campuran dengan nilai 1.239 poin, disusul Paku 1.228 poin dan Patangkep Tutui 1.224 poin. Dusun Timur juga meraih teladan I paduan suara pria dengan nilai 1.243 poin, disusul Karusen Janang 1.236 poin dan Paku 1.231 poin.

Dusun Timur juga meraih teladan I vokal solo pemuda remaja putra dengan nilai 1.180 poin, disusul Karusen Janang 1.173 poin dan Paku 1.167 poin. Pada lomba teladan I vokal solo pemuda remaja Dusun Timur dengan poin 1.196 poin, disusul Patangkep Tutui 1.186 poin dan Pematang Karau 1.184 poin.

Teladan I vokal solo anak usia 9-12 tahun diraih Karusen Janang dengan nilai 1.171 poin, disusul Awang 1.163 poin dan Benua Lima 1.157 poin. Sedangkan teladan I vokal solo anak usia 6-8 tahun diraih Dusun Timur dengan nilai 1.155 poin, disusul Paku 1.148 poin dan Dusun Tengah 1.145 poin.

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar