Bupati Gumas: Jaga hubungan harmonis antarumat beragama

id Bupati Gumas,Jaya S Monong ,Bupati Gumas: Jaga hubungan harmonis antarumat beragama

Bupati Gumas: Jaga hubungan harmonis antarumat beragama

Pemerintah Daerah Kabupaten Gumas menyampaikan puji-pujian saat Safari Natal di Desa Tanjung Karitak, Kecamatan Sepang, Senin (2/12/2019). (ANTARA/HO-Diskominfo dan SP Kabupaten Gumas)

Kuala Kurun (ANTARA) - Bupati Gunung Mas, Kalimantan Tengah Jaya S Monong mengajak seluruh masyarakat di daerah itu, khususnya umat Kristiani, untuk memperkuat rasa persaudaraan dan kasih.

Itu semua demi terjaganya hubungan harmonis antarumat beragama, kata Jaya dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Wakil Bupati Gumas Efrensia LP Umbing saat Safari Natal di Desa Tanjung Karitak, Kecamatan Sepang, Senin.

“Dinamika kehidupan umat beragama di Kabupaten Gumas selama ini terjaga dengan baik, harmonis dan sangat kondusif. Saya harap di masa-masa yang akan datang kondisi seperti ini dapat semakin terjaga,” ucapnya.

Baca juga: Natal Nasional GKE perdana berikan energi positif terhadap pembangunan

Menurut dia, makna Natal yang sebenarnya adalah sukacita, karena Natal yang dirayakan setiap bulan Desember merupakan sukacita bagi umat Kristiani, atas kelahiran Yesus Kristus Sang Penebus Dosa.

Orang nomor satu di Kabupaten Gumas itu menyebut, tema Natal tahun ini adalah “Hiduplah sebagai sahabat bagi semua orang” yang mengacu pada ayat alkitab yang terambil dari Yohanes 15:14-15.

“Tema ini mengingatkan kembali bagi kita umat Kristiani bahwa berkat Yesus Kristus kita dipanggil untuk hidup menurut hikmat ilahi. Yesus Kristus itulah hikmat Allah bagi kita,” bebernya.

Baca juga: DPRD Gumas: Parade Natal mempererat kebersamaan umat Kristiani

Kristus mengajarkan nilai-nilai kerajaan Allah serta hidup saling mengasihi dan rela berkorban, demi terciptanya kesejahteraan bersama. Yesus menunjukkan hikmatnya melalui pewartaan injil dan kasih untuk menguduskan umat.

Untuk diketahui, safari natal di Desa Tanjung Karitak ini merupakan yang pertama dari rangkaian Safari Natal Pemkab Gumas 2019. Rencananya, safari natal akan dilaksanakan di seluruh kecamatan di wilayah itu.

Selanjutnya di Kecamatan Mihing Raya pada hari Selasa (3/12), di Tewah pada Kamis (5/12), di Damang Batu pada Senin (9/12), di Miri Manasa pada Selasa (10/12), di Kahayan Hulu Utara pada Rabu (11/12).

Kemudian di Kecamatan Kurun pada hari Jumat (13/12), Manuhing Raya pada Senin (16/12), Manuhing pada Selasa (17/12), Rungan Barat pada Rabu (18/12), Rungan pada Kamis (19/12), dan Rungan Hulu pada Jumat (20/12).

Baca juga: Ratusan umat Kristiani Gumas ikuti Parade Natal

Baca juga: Komentar Ma'ruf Amin soal ucapan selamat Natal