Siswa sekolah karakter belajar jadi jurnalis di ANTARA

id sma karakter,depok, belajar jadi jurnalis,kantor berita antara

Siswa sekolah karakter belajar jadi jurnalis di ANTARA

Siswa Sekolah Karakter belajar jadi jurnalis di Kantor Berita Antara di Jakarta, Selasa (3/12/2019).ANTARA/Hanni Sofia

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah siswa SMA Karakter Depok, Jawa Barat, praktik dan belajar menjadi jurnalis serta mengenal dunia media ke Lembaga Kantor Berita Nasional Antara.

Manager Humas Perum LKBN Antara Arie Novarina di Jakarta, Selasa, mengatakan pihaknya membuka kesempatan kepada generasi milenial untuk belajar lebih dalam tentang dunia kewartawanan.

“Kami berharap upaya ini bisa menjadi inspirasi bagi generasi muda yang tertarik untuk terjun ke dunia media,” tambahnya.

Ia juga mengisahkan sejarah LKBN Antara yang turut berjuang menyebarluaskan berita proklamasi kemerdekaan RI ke seluruh penjuru dunia.

Hal itu, ujar dia dilakukan oleh anak-anak muda yang ketika itu menjadi pendiri kantor berita yang tahun ini berusia 82 tahun tersebut.

Para siswa dan guru yang hadir dari Sekolah Karakter Depok tersebut sebagian merupakan siswa kelas 11 dan 12 yang sebentar lagi akan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Mereka mendapatkan kesempatan untuk menimba pengalaman langsung salah satunya kepada redaktur dan wartawan senior Antara, Zita Meirina.

“Menjadi wartawan harus banyak berlatih, berlatih, dan berlatih,” katanya.

Zita menceritakan pengalamannya selama 30 tahun menjalani karier sebagai wartawan kantor berita yang sudah menjelajah ke berbagai tempat dan bertemu dengan begitu banyak orang yang menjadi narasumbernya.

Sejumlah siswa pun antusias menanyakan berbagai pengalaman, suka duka, bahkan peralatan apa saja yang digunakan untuk meliput kepada wartawan.

Siswa-siswa seperti Ayesha, Onit, Nasta, dan Ayi mengaku penasaran dan bertanya tentang cara menjadi wartawan, modal yang diperlukan untuk menjadi wartawan, dan bagaimana cara meliput berita.

Mereka pun kemudian diajak melakukan media visit ke newsroom Kantor Berita Antara dan melihat langsung proses produksi berita meliputi teks, foto, dan video.

Mereka menyempatkan untuk berpraktik ringan menjadi jurnalis secara bergantian. Para guru yang turut serta mendampingi berharap agar media visit tersebut memberikan inspirasi bagi para siswa untuk mengembangkan bakat dan minatnya termasuk bagi mereka yang ingin menjadi jurnalis.

Sekolah Karakter di Depok merupakan sekolah yang menerapkan model pendidikan secara holistik untuk membangun karakter anak. Sekolah itu berupaya membangun karakter anak sekaligus menggali bakat dan minat mereka berdasarkan budi pekerti yang baik.
 

Pewarta :
Uploader : Admin 1
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar