Jadikan media sosial peluang untuk pendapatan lebih

id Jadikan media sosial peluang untuk pendapatan lebih,medsos,media sosial

Jadikan media sosial peluang untuk pendapatan lebih

Safitri Apriliani

Palangka Raya (ANTARA) - Munculnya jejaring sosial di dunia di awali dengan munculnya Friendster pada tahun 2002 yang merupakan aplikasi untuk membangun relasi pertemanan dunia maya dengan cakupan yang luas yakni seluruh dunia.

Selanjutnya, muncul Linkedin yaitu sebuah situs yang membagikan pengalaman mengenai dunia bisnis dan lainnya. Dan pada tahun 2004, kembali muncul aplikasi Facebook yang hingga sekarang masih banyak di gunakan oleh masyarakat tua ataupun muda yang dapat berteman dan berbagi pengalaman hanya melalui sebuah aplikasi.

Kita hidup dimana segala hal dapat kita peroleh dengan mudah, karena segala sesuatu telah di dukung oleh kemajuan zaman teknologi, tinggal kita saja apakah bisa memanfaatkan fasilitas yang telah ada dan dapat menggunakan dengan bijak atau tidak? atau malah sebaliknya, bisa mendatangkan peluang bisnis hingga meraih keuntungan yang lebih.

Contohnya kehadiran media sosial yang merupakan suatu peluang untuk kita memanen sebuah keuntungan dari kehadiranya, misalnya dengan cara mencari uang melalui media sosial itu sendiri banyak peluang yang dapat kita ambil asalkan kita cermat dalam mengamati situasi yang ada.

Jika kamu hanya berfikir cara mendapatkan uang dengan cara bangkit dari tempat tidur lalu pergi keluar dan mencari kerja lalu turun ke lapangan dan bekerja keras? saya sendiri pun tidak bisa menyalahkan 100% pemikiran seperti itu. Karena setiap orang memiliki jalan pemikirannya masing-masing.

Saya hanya berharap, agar kita dapat lebih cermat lagi dalam pemanfaatan situasi dan waktu yang ada pada saat ini, selagi bisa mencoba cara mudah mengapa mengambil cara yang sulit.

Di era zaman teknologi yang sekarang ini, banyak orang yang dapat menghasilkan uang dengan cara mudah tanpa harus bercucuran keringat dan kontak langsung dengan sinar matahari.

Salah satunya yakni dengan memanfaatkan media sosial sebagai ladang mata pencaharian, misalnya berjualan online baik itu menjual jasa atau menjual barang.

Sebagai contoh dapat kita ambil pengalaman dari seorang Brandon Stanton, seorang fotografer, pemilik HONY (Humans of New York) tahun 2010 brandon kehilangan pekerjaanya, dan menekuni fotografi candid. Dia berkeliling New York dan memotret orang-orang yang ada disana, lalu mempostingnya di facebook.

Foto-fotonya di sukai banyak orang, hingga memanen 12 juta like di laman FB nya. Dari situ dia sukses menjual foto-fotonya untuk produk cetak , buku, majalah, dan banyak lagi.

Kini Brandon menjadi fotografer dan sekaligus pebisnis yang di kenal murah hati, sebab sering menyumbangkan hasil penjualan fotonya untuk program kemanusiaan setidaknya dia sudah menyumbang 500.000 US Dollar dalam waktu 6 bulan saja.

Dan pelajaran yang dapat kita ambil yaitu, tidak ada usaha yang akan menghianati hasil, dan jangan jadikan sebuah kegagalan menjadi titik akhir sebuah perjuangan, jangan terfokus hanya pada satu permasalahan karena kita hidup tidak hanya di hampiri oleh satu masalah saja hanya melainkan masih banyak masalah yang mengantri di belakang untuk di selesaikan.

Penulis: Safitri Apriliani, Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Pewarta :
Uploader : Ronny
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar