Pemkab Kapuas dukung program wujudkan kota tuntas kumuh

id Pemkab Kapuas dukung program wujudkan kota tuntas kumuh,Kumuh,Kapuas,Bebas kumuh

Pemkab Kapuas dukung program wujudkan kota tuntas kumuh

Wakil Bupati Kapuas Muhammad Nafiah Ibnor, menyapa masyarakat saat mendampingi tim Project Review Mission (ADB Loan 3122-INO) Program Neightborhood Upgrading and Shelter Project Phase 2 (NUSP-2) Tahun 2019 yang meninjau lokasi program NUSP-2 di Jalan K S Tubun Kota Kuala Kapuas, Rabu (4/12/2019). ANTARA/HO- Diskominfo Kapuas

Kuala Kapuas (ANTARA) - Wakil Bupati Kapuas Kalimantan Tengah Muhammad Nafiah Ibnor mengatakan, pemerintah daerah sangat menyambut baik dan mendukung program untuk mewujudkan kota tuntas kumuh karena sangat positif bagi masyarakat.

“Kontribusi program NUSP-2 dalam mewujudkan pemukiman yang lebih berkualitas dan berkelanjutan di Kota Kuala Kapuas sangat besar yang mana pembangunan infrastruktur pemukiman di lingkungan dan kawasan kumuh telah terjalin sejak pemerintah Kabupaten Kapuas diberikan kesempatan menjadi bagian dari program NUSP-2 sejak tahun 2015 sampai dengan saat ini,” kata Nafiah Ibnor di Kuala Kapuas, Kamis.

Rabu lalu Nafiah Ibnor menyambut kedatangan tim Project Review Mission (ADB Loan 3122-INO) Program NUSP-2 tahun 2019 di Kabupaten Kapuas untuk meninjau lokasi pembangunan hasil program NUSP-2 sekaligus mengadakan rapat koordinasi di Rumah Jabatan Bupati Kapuas Jalan Sudirman Kuala Kapuas.

Program penuntasan kota kumuh tersebut dijalankan melalui kerjasama antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, masyarakat dan swasta dalam pelaksanaan Program Neightborhood Upgrading and Shelter Project Phase 2 (NUSP-2) sebagai salah satu mendukung kebijakan pemerintah.

Nafiah menyampaikan terima kasih dan rasa syukur karena Kabupaten Kapuas menjadi salah satu dari empat kabupaten yang terpilih mendapatkan program NUSP-2 tersebut.

Mempercepat pembangunan infrastruktur perumahan dan pemukiman yang layak bagi masyarakat adalah salah satu bagian dari misi Pemerintah Kabupaten Kapuas dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah yang dilaksanakan mulai 2018 hingga 2023 nanti

Tujuannya adalah untuk mencapai visi terwujudnya Kabupaten Kapuas yang lebih maju, sejahtera dan mandiri melalui pembangunan yang adil dan merata serta berkelanjutan. 

"Oleh sebab itu,  saya berharap program seperti ini dapat terus ada di Kabupaten Kapuas karena sangat membantu dan juga menunjang program-program yang telah ada," harapnya.

Baca juga: Puskesmas Panamas Kapuas terima Akreditasi Madya

Sementara itu, Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Andres Nuah, menjelaskan bahwa Kabupaten Kapuas merupakan salah satu dari 20 kota/kabupaten di 16 provinsi di Indonesia yang mengikuti program Pemerintah Indonesia dan satu-satunya kabupaten di Provinsi Kalimantan Tengah yang menerima loan dari Asian Development Bank melalui program tersebut.

"Kawasan pemukiman Kabupaten Kapuas direncanakan akan terbangun sebanyak 200 unit rumah dan telah terbangun sebanyak 100 unit rumah pada tahun 2018 dan 65 unit rumah terbangun di tahun 2019 dan masih dalam tahap penyelesaian sebanyak 35 unit," demikian Andreas Nuah.

Sementara hadir dalam kegiatan tersebut, tim dari Asian Development Bank (ADB) yang diketuai oleh Naning Mardiniah, sejumlah perwakilan Direktorat Pengembangan Kawasan Pemukiman Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, segenap perwakilan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi terkait, Nasional Management Consultant (NMC) NUSP-2 Bagus Andrian dan staf, unsur Forkopimda Kabupaten Kapuas, Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Andres Nuah, sejumlah Kepala Dinas terkait dan tamu undangan.

Usai rapat koordinasi, tim ADB beserta rombongan meninjau secara langsung lokasi program NUSP-2 di Jalan K S Tubun dan dilanjutkan dengan peninjauan lokasi perumahan NSD Handil Berkat Makmur di Jalan Pemuda Km 5,5 Kuala Kapuas.

Baca juga: Sudah 85,67 persen wajib KTP di Kapuas merekam data diri

Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar