Permudah cek harga sembako, Pemkab Kobar luncurkan aplikasi bapokting

id kalimantan tengah,kalteng,kabupaten kotawaringin barat,kobar,aplikasi bapokting,kobar luncurkan aplikasi bapokting

Permudah cek harga sembako, Pemkab Kobar luncurkan aplikasi bapokting

Kasi Perdagangan Disperindagkop UKM Kobar Muhammad Agusta Wijaya (Andi) saat memperlihatkan aplikasi bapokting yang mereka luncurkan, Jumat (6/12) sore. (ANTARA/Hendri Gunawan)

Pangkalan Bun, Kobar (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, melalui Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah setempat, meluncurkan aplikasi monitoring dan penyebaran informasi harga barang pokok dan barang penting atau bapokting.

Aplikasi itu dipergunakan untuk memantau harga-harga bahan sejumlah bahan pokok beserta dengan penyebarannya, Kepala Disperindagkop UKM Kobar H Muhammad Yadi melalui Kasi Perdagangan Muhammad Agusta Wijaya di Pangkalan Bun, Jumat.

"Masyarakat juga bisa memanfaatkan aplikasi tersebut untuk mengetahui perkembangan sembako yang dijual di berbagai pasar di Kobar," tambah dia.

Disperindagkop UKM Kobar optimisi keberadaan aplikasi itu dapat memudahkan masyarakat, untuk mengetahui perkembangan harga barang pokok dan barang penting lainnya dengan cepat dan tepat.

Andi mengatakan peluncuran aplikasi bapokting tersebut merupakan salah satu penunjang kerja, dalam mendukung dan mewujudkan salah satu visi misi Bupati Kobar Nurhidayah dan Wakil Bupati Ahmadi Riansyah.

"Ibu Bupati bersama bapak Wakil Bupati kan berkeinginan meningkatkan good governance berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Jadi, kami membuat dan meluncurkan aplikasi bapokting," ucapnya.

Baca juga: Bupati Kobar perintahkan SKPD berkoordinasi mengentaskan kemiskinan

Dirinya menyebutkan aplikasi tersebut menyediakan informasi tentang harga dari kurang lebih 35 komoditi bapokting dengan 94 varian, yang mana pemantau harga dilakukan oleh petugas pendataan secara manual kemudian dilakukan input kedalam aplikasi bapokting.

"Keberadaan aplikasi tersebut juga sejalan dengan era keterbukaan informasi publik, yang mana masyarakat berhak untuk mengetahui informasi dengan mudah, cepat dan tepat," kata Andi.

Saat ini informasi harga yang ada didalam aplikasi bapokting masih terbatas pada pasar dan pertokoan yang ada di wilayah Kecamatan Arsel. Rencananya aplikasi itu juga akan diupayakan secepatnya menyediakan informasi harga komoditi di semua kecamatan yang ada di Kobar. 

Sebagai informasi, bagi masyarakat yang memerlukan informasi harga bapokting bisa mengunjungi website: bapokting.kotawaringinbaratkab.go.id atau melalui aplikasi mobile di Google Playstore: Bapokting Kobar. 

Baca juga: Bupati Kobar peringatkan pegawai pemerintah jangan gunakan elpiji 3 kg

Baca juga: Anggaran kelurahan bisa dialokasikan untuk pengelolaan persampahan di Kobar

Baca juga: Wabup ingatkan pentingnya perlindungan anak dari sejumlah ancaman di Kobar

Pewarta :
Uploader : Admin 3
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar