Keberuntungan Liverpool pada hasil dan klasemen Liga Inggris

id Liverpool, liga inggris, hasil dan klasemen liga inggris

Keberuntungan Liverpool pada hasil dan klasemen Liga Inggris

Para pemain Liverpool merayakan gol Mohamed Salah (kedua kanan) ke gawang Bournemouth dalam lanjutan Liga Inggris di Stadion Vitality, Bournemouth, Inggris, Sabtu (7/12/2019). (ANTARA/REUTERS/Dylan Martinez)

Jakarta (ANTARA) - Pemuncak klasemen sementara Liga Inggris, Liverpool, diuntungkan hasil Derby Manchester yang berlangsung dalam rangkaian laga pekan ke-16.

Liverpool memainkan lebih dulu laga pekan ke-16 mereka dengan melawat ke Stadion Vitality pada Sabtu dan membukukan kemenangan meyakinkan 3-0 atas Bournemouth di tengah rotasi yang dilakukan Juergen Klopp demi mengarungi padatnya jadwal sepanjang Desember.

Beberapa jam kemudian Derby Manchester digelar di Etihad dan tuan rumah Manchester City dipecundangi oleh Manchester United dengan skor 2-1.

Hasil itu praktis membuat Liverpool yang kini mengoleksi 46 poin punya keunggulan 14 poin dari juara bertahan Man City (32) yang tertahan di urutan ketiga.

Padahal sebelum musim bergulir, skenario persaingan ketat dua kubu antara Liverpool dan Man City yang terjadi pada musim 2018/19 bakal berulang. Selisih 14 poin memasuki pertengahan Desember jelas bukan gambaran dari terma "persaingan ketat".

Sementara bagi United, kemenangan Derby Manchester menjadi hasil optimal untuk memanfaatkan kekalahan yang diderita Chelsea (29) penghuni tempat keempat dari Everton (17) dengan skor 1-3 dalam pertandingan yang berlangsung lebih dini.

United kini menyodok ke peringkat kelima klasemen dengan koleksi 24 poin, dan hanya terpaut lima poin dari zona Liga Champions, target utama Ole Gunnar Solskjaer yang belakangan keamanan jabatannya mulai dipertanyakan.

Selanjutnya bagi Everton ... Bagi Everton kemenangan atas Chelsea juga jadi setitik harapan baru menyusul pemecatan Marco Silva yang mengantarkan mereka meninggalkan zona degradasi.

Dalam pertandingan lainnya, Tottenham Hotspur berhasil kembali ke jalur kemenangan setelah di laga sebelumnya menelan kekalahan perdana di bawah kepelatihan Jose Mourinho di Old Trafford.

Tottenham seperti melampiaskan kekesalan mereka dengan menghabisi Burnley lima gol tanpa balas di London dan kini menempati urutan keenam dengan koleksi 23 poin.

Kembali ke Liverpool, mereka saat ini unggul 11 poin dari pesaing terdekat yakni Leicester City. Namun keunggulan itu bisa berkurang kembali menjadi delapan poin jika tim besutan Brendan Rodgers memenangi laga pekan ke-16 mereka di kandang Aston Villa pada Minggu malam WIB.

Berikut jadwal Liga Inggris pekan ke-16 (dalam WIB, tuan rumah disebut pertama):

Sabtu (7/12) hingga Minggu (8/12) dini hari
Everton 3 - Chelsea 1 (Richarlison 5', Dominic Calvert-Lewin 49', 84'; Mateo Kovacic 52')
Bournemouth 0 - Liverpool 3 (Alex Oxlade-Chamberlain 35', Naby Keita 44', Mohamed Salah 54')
Tottenham Hotspur vs Burnley (Harry Kane 4', 54', Lucas Moura 9', Son Heung-min 32', Moussa Sissoko 74')
Watford 0 - Crystal Palace 0
Manchester City 1 - Manchester United 2 (Nicolas Otamendi 85'; Marcus Rashford p-23', Anthony Martial 29')

Minggu (8/12)
21.00 Aston Villa vs Leicester City
21.00 Newcastle United vs Southampton
21.00 Norwich City vs Sheffield United
23.30 Brighton & Hove Albion vs Wolverhampton

Selasa (10/12) dini hari
03.00 West Ham United vs Arsenal

Klasemen Liga Inggris