Karang Taruna bantu lansia terlantar dan fakir miskin di Bartim

id Pemkab bartim, bartim, barito timur, tamiang layang, kartar, karang taruna, sosial, lansia, fakir miskin, bantuan sosial, pmks, penyandang masalah kes

Karang Taruna bantu lansia terlantar dan fakir miskin di Bartim

Karang Taruna Kecamatan Karusen Janang menyalurkan bantuan sembako dari Karang Taruna Kabupaten Barito Timur kepada lansia di Desa Kandris Kecamatan Karusen Janang, Sabtu, (7/12/2019). (ANTARA/Ho-Kartar Bartim)

Tamiang Layang (ANTARA) - Karang Taruna Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah turut serta memberikan bantuan berupa sembilan bahan pokok kepada warga lanjut usia atau lansia terlantar dan fakir miskin yang ada di wilayah setempat.

Ketua Karang Taruna Bartim Santai Nyawit di Tamiang Layang, Minggu mengatakan, warga lansia terlantar dan fakir miskin terlebih dulu didata Karang Taruna desa dan kelurahan. Setelah data valid, maka bantuan sembako diserahkan kepada para lansia terlantar dan fakir miskin tersebut.

"Adapun jumlah sasaran yakni 40 warga yang masuk dalam kategori Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) pada 10 Desa di Bartim," kata Santai Nyawit.

Menurutnya, kriteria lansia terlantar yakni merupakan warga lansia dan hidup sebatang kara bahkan jarang dijenguk sanak keluarga, sedangkan fakir miskin yakni warga yang hidupnya tidak berkecukupan.

Sebanyak 40 orang PMKS tersebut berada di Desa Bentot Kecamatan Petangkep Tutui, Desa Tangkan dan Hayaping Kecamatan Awang, Desa Pangkan, Tarinsing dan Saing Kecamatan Paku, Sibung, Lagan dan Kandris Kecamatan Karusen Janang, serta Desa Harara Kecamatan Dusun Timur.

Bantuan yang diberikan berasal dari penyisihan dana anggaran operasional Karang Taruna Bartim, sehingga bisa dibelikan sembako diantaranya berupa beras, minyak goreng, garam, penyedap rasa, gula, kopi dan teh.

Paketan sembako yang sudah tersedia akan didistribusikan Karang Taruna Bartim kepada penerima, melalui pengurus Karang Taruna Kecamatan dan Karang Taruna Desa maupun Kelurahan.

"Dengan adanya bantuan itu, diharapkan tercipta penguatan nilai-nilai kepedulian sosial kepada PMKS bagi Karang Taruna Bartim," jelas Santai.

Lebih lanjut ia menjelaskan, walaupun bantuan yang diberikan tidak bernilai besar, setidaknya seluruh anggota Karang Taruna tetap peduli terhadap masalah sosial PMKS yang ada di wilayah setempat.

"Hingga pada akhirnya, generasi muda yang tergabung dalam kepengurusan Karang Taruna kabupaten, kecamatan, desa dan kelurahan menjadi generasi yang memiliki sifat peduli terhadap sesama," demikian Santai.

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar