Nadalsyah hadiri pertemuan tahunan BI

id bupati barut nadalsyah,pertemuan tahunan bi,sekda kalteng

Nadalsyah  hadiri pertemuan tahunan BI

Bupati Barut H Nadalsyah (kedua kanan) menghadiri pertemuan tahunan Bank Indonesia di Palangka Raya, Selasa (10/12/2019).ANTARA/HO-Dinas Kominfosandi Barut

Palangka Raya (ANTARA) - Bupati Barito Utara H Nadalsyah menghadiri pertemuan tahunan Bank Indonesia  dengan tema "Sinergi, Transformasi dan Inovasi Menuju Indonesia Maju" dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah di Palangka Raya, Selasa.

Kegiatan itu juga dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Barito Utara H Jainal Abidin, Kepala Perwakilan BPK RI, Kepala Perwakilan BPKP, pejabat dan Kepala Daerah Kabupaten/Kota  dan pimpinan bank-bank se-Provinsi Kalimantan Tengah.

Bupati Nadalsyah mengapresiasi pertemuan yang dilaksanakan oleh Bank Indonesia, dimana dapat menjadi wadah media komunikasi bagi Pemerintah Daerah, Bank Indonesia, dan lembaga lainnya. Bupati mengharapkan dengan sinergitas antar pemangku kepentingan dapat dicapai tingkat pertumbuhan ekonomi yang tinggi, inflasi yang rendah dan stabil, kondisi sistem keuangan yang sehat dan stabil. 

"Tentunya ini akan membuat tingkat kemiskinan dan pengangguran yang rendah, dan meningkatnya kesejahteraan masyarakat Kalteng  khususnya Barito Utara," kata Nadalsyah.
 
Bupati Barut H Nadalsyah menghadiri pertemuan tahunan Bank Indonesia di Palangka Raya, Selasa (10/12/2019).ANTARA/HO-Dinas Kominfosandi Barut

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kalteng Rihando menyampaikan rangkuman perkembangan, tantangan dan prospek ppperekonomian nasional dimana terdapat lima tantangan diantaranya pertumbuhan global turun drastis dan diperkirakan belum pulih di tahun serta teknologi digital mempengaruhi perilaku manusia. 

Dalam menghadapi 5 tantangan tersebut diperlukan sinergi, transformasi dan inovasi. 

"Kita patut bersyukur ditengah pertumbuhan global yang turun, kinerja dan prospek ekonomi cukup baik," ucap Rihando.

Dalam sambutannya Gubernur Kalteng yang dibacakan Sekretaris Daerah H Fahrizal Fitri mengatakan bahwa Kalteng memiliki potensi sumber daya yang melimpah di berbagai sektor, yakni kehutanan, pertanian, perkebunan, pertambangan dan sebagainya. 

Potensi tersebut mampu mendorong kinerja pertumbuhan ekonomi Kalimantan Tengah yang selalu lebih tinggi dibandingkan nasional sejak 2008 lalu. Dijelaskan juga tingkat pertumbuhan perekonomian dan tingkat inflasi Kalimantan Tengah. 

"Eratnya koordinasi antar BI, pemerintah dan instansi terkait diharapkan mampu menjaga stabilitas perekonomian Kalteng," jelas dia.

Pewarta :
Uploader : Admin 1
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar