Barut bertekad pertahankan opini WTP keenam kalinya

id opini wtp barito utara,wtp barut,bpk ri kalteng,bupati barut nadalsyah

Barut bertekad pertahankan opini WTP keenam kalinya

Bupati Barito Utara H Nadalsyah (Kedua kiri) bersama Sekda H Jainal Abidin (kanan) diterima Kepala BPK Perwakilan Kalteng Ade Iwan Rusawana di ruang kerjanya di Palangka Raya, Selasa (10/12/2019).ANTARA/HO-Dinas Kominfosandi Barut

Palangka Raya (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Barito Utara, bertekad mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP)  terhadap laporan keuangan  kabupaten setempat 2019 yang sedang dilakukan pemeriksaan oleh Badan Pemerikasan Keuangan (BPK) RI perwakilan Kalimantan Tengah untuk keenam kali secara berturut-turut.

"Kami sangat berkomitmen untuk mewujudkan tata kelola keuangan yang baik, dimana hal tersebut telah terbukti dengan diperolehnya WTP lima kali berturut-turut.Tentu kita ingin bahwa untuk pemeriksaan tahun ini  dan tahun-tahun selanjutnya dapat kita pertahankan opini WTP tersebut," kata H Nadalsyah usai bersilahturahim ke kantor BPK RI Kalteng di Palangka Raya, Selasa.

Dalam pertemuan itu Bupati Nadalsyah didampingi Sekda Barito Utara Jainal Abidin yang diterima Kepala BPK Perwakilan Kalteng Ade Iwan Rusawana di ruang kerjanya.
 
Bupati Barito Utara H Nadalsyah (Kiri) berbincang dengan Sekda H Jainal Abidin saat bertemu Kepala BPK Perwakilan Kalteng Ade Iwan Rusawana di ruang kerjanya di Palangka Raya, Selasa (10/12/2019).ANTARA/HO-Dinas Kominfosandi Barut

Tujuan silahturahim  adalah menunjukkan komitmen pemerintah daerah, untuk mewujudkan tata kelola keuangan daerah yang baik, apapun rekomendasi yang diberikan oleh BPK RI, Pemkab Barito Utara akan segera menindaklanjuti. 

"Kepada Pak Sekda kita perintahkan untuk segera melakukan konsolidasi kepada para kepala perangkat daerah untuk dapat bekerja sama dan saling koordinasi dalam rangka menindak lanjuti hasil rekomendasi BPK RI," katanya.

Bupati mengharapkan doa dan dukungan dari seluruh elemen agar Kabupaten Barito Utara dapat mewujudkan tata kelola keuangan daerah yang baik dengan mempertahankan dan memperoleh Opini WTP untuk keenam kalinya secara berturut-turut.

Sementara itu Sekretaris Daerah Barito Utara Jainal Abidin  menyampaikan bahwa pemerintah daerah  optimis mampu mempertahankan opini WTP untuk keenam kalinya secara berturut-turut. 

"Kita minta dukungan dari seluruh komponen perangkat daerah untuk dapat dengan segera mengambil langkah-langkah dalam upaya mewujudkan tata kelola keuangan daerah yang baik," harap dia. 

Sekda mengatakan bahwa mempertahankan akan lebih susah daripada memperolehnya, terlebih pemeriksaan yang dilakukan menggunakan metode Risk Based Audit (RBA) yang komprehensif yang dilandasi dengan asas integritas, independensi dan profesionalisme. 

Pemerintah Kabupaten Barito Utara telah  5 kali secara berturut-turut meraih opini WTP dari BPK RI Perwakilan  Kalteng sejak  2014-2018. Atas capaian tersebut Bupati  Nadalsyah  menerima penghargaan dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia.

Pewarta :
Uploader : Admin 1
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar