Pemkab genjot pembangunan sektor kelautan dan perikanan di Seruyan

id Pemkab seruyan, seruyan, kuala pembuang, diskan, dinas perikanan, kelautan, perikanan, nelayan, produk, pengolahan ikan, sdm, sumber daya manusia

Pemkab genjot pembangunan sektor kelautan dan perikanan di Seruyan

Ilustrasi - Perahu nelayan. (ANTARA/Vicki Febrianto)

Kuala Pembuang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah melalui Dinas Perikanan setempat menggelar rapat kerja teknis pelaku usaha perikanan di tingkat desa sebagai upaya penyamaan persepsi.

"Pembangunan sektor kelautan dan perikanan memiliki peran penting dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat Seruyan," kata Bupati Seruyan Yulhaidir melalui Asisten III Setidak Seruyan Agus Suharto di Kuala Pembuang, Selasa.

Potensi perikanan di Seruyan sangatlah besar. Hal itu bisa dilihat dari luas dan kekayaan laut yang sangat banyak, serta keragaman ikan jenis air tawar yang dimiliki, bahkan endemik lokal yang tidak ditemukan di daerah lain.

Namun, dikarenakan belum siapnya sumber daya manusia (SDM) di Seruyan sehingga belum mampu bersaing dengan produk luar Kalimantan. Kondisi itulah yang menjadi perhatian pihaknya untuk dibenahi secara bertahap.

Selain karena potensinya yang menjanjikan, Sebagian besar masyarakat Seruyan berprofesi sebagai nelayan, pembudidaya dan pengolahan perikanan yang membuat semakin pentingnya pembangunan di sektor kelautan dan perikanan.

"Dalam membangun Seruyan kita tidak boleh hanya bergantung kepada pemerintah, namun masyarakat khususnya pelaku usaha perikanan harus dapat berpartisipasi secara aktif," harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan Abu Hasan Asari mengatakan kegiatan rapat kerja teknis pelaku usaha perikanan, penyuluh, pengumpul data statistik sektoral dan pendamping kegiatan bertujuan untuk menyamakan persepsi antara pelaku usaha dengan pihaknya.