Tiga hal penting dalam pola komunikasi era milenial

id Astra indonesia, diskusi publik, hubungan masyarakat, mochamad husni, milenial, pola komunikasi, seni berbicara, publik, generasi muda

Tiga hal penting dalam pola komunikasi era milenial

Praktisi Hubungan Masyarakat atau 'Public Relations' Mochamad Husni. (ANTARA/Rendhik Andika)

Palangka Raya (ANTARA) - Jumlah dan pertumbuhan generasi milenial seiring berjalannya waktu kian terasa semakin signifikan di wilayah Indonesia, termasuk salah satunya Provinsi Kalimantan Tengah.

"Karenanya, keinginan dan kreativitas mereka perlu kita dengar dan bantu salurkan," kata Praktisi Hubungan Masyarakat atau 'Public Relations' Mochamad Husni di Palangka Raya, Selasa.

Menurut pria yang juga menjabat sebagai External Relations Manager di PT Astra Agro Lestari Tbk itu, pola komunikasi yang tepat, akan memudahkan pesan dan target yang ingin dituju dapat tercapai dengan baik.

Ada tiga hal penting dan utama yang harus diperhatikan dalam membangun pola komunikasi era milenial, yakni gaya, media dan konten atau isi/materi komunikasi.

Untuk itulah ia mengaku antusias saat diminta menjadi salah satu narasumber, pada diskusi publik yang diselenggarakan Universitas Muhammadiyah Palangka Raya (UMP) dan Kantor Berita ANTARA Biro Kalteng, sebagai rangkaian peringatan HUT ke-82 LKBN ANTARA.

"Kemarin saya menjadi narasumber yang pesertanya merupakan para mahasiswa. Tentu kesempatan itu optimalkan untuk berbagai pengalaman dan pengetahuan kepada generasi milenial," terangnya.

Lebih lanjut Husni menjabarkan, dalam pola komunikasi itu, gaya harus lebih kasual dan santai, sehingga lawan bicara dapat lebih mudah menerima serta memahami apa yang ingin disampaikan.

Kemudian media yang digunakan kini cenderung berbasis digital yang banyak diakses kaum milenial, utamanya melalui telepon pintar atau 'smartphone' yang umumnya telah dimiliki setiap orang.

Sedangkan konten atau materi yang disampaikan, harus banyak memberi ruang pelibatan atau kesempatan lawan bicara untuk berinteraksi.

"Komunikasi yang menarik dan bisa didengar harus yang dua arah," lanjut Mochamad Husni yang pernah meraih kategori gold pada ajang Insan PR Indonesia 2019 tersebut.

Pada kegiatab itu, ia juga mengapresiasi dan menyemangati para mahasiswa untuk berinisiatif dan lebih berani berperan dalam mendukung kemajuan. Dilihat orang atau pun tidak, semangat positif itu sebaiknya selalu ditonjolkan.

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar