Pentingnya literasi dan penyamaan persepsi bagi media di Kalteng

id Pemprov kalteng, kalteng, diskominfo, kominfo, mmc, media, pertemuan, hoax, persepsi, informasi, ujaran kebencian, kabar bohong, herson b aden, palang

Pentingnya literasi dan penyamaan persepsi bagi media di Kalteng

Kadiskominfosantik Kalteng Herson B Aden saat pertemuan dengan awak media di Palangka Raya, Kamis, (19/12/2019). ​​​​​​​ (ANTARA/Ho-MMC Kalteng)

Palangka Raya (ANTARA) - Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (Diskominfosantik) Provinsi Kalimantan Tengah menilai, literasi dan penyamaan persepsi bagi media massa, hingga pengelola media sosial sangatlah penting.

"Hal itu harus kami lakukan, guna mencapai sasaran yang ingin diwujudkan kedepannya, yakni 'Kalteng Bicara Baik'," kata Kadiskominfosantik Kalteng Herson B Aden di Palangka Raya, Jumat.

Untuk itulah, pihaknya secara rutin menggelar pertemuan dengan media yang dilaksanakan setiap periode tertentu. Pertemuan tersebut, terakhir digelar pada Kamis (19/12) malam yang menjadi agenda terakhir tahun 2019.

Herson mengatakan, pihaknya memiliki tugas melakukan literasi terhadap awak media dan pertemuan rutin itu dinilai sebagai sarana strategis, untuk mewujudkan penyamaan persepsi antara satu dan lainnya.

"Kami tidak ingin adanya penyebaran kabar bohong atau hoax maupun ujaran kebencian di Kalteng. Untuk itulah bersama instansi terkait lainnya, termasuk Polda, kami terus berupaya mencegah maupun menanggulanginya," jelasnya kepada ANTARA.

Melalui pertemuan itu, pihaknya bisa saling berbagi informasi dan bertukar pikiran, untuk menyelesaikan berbagai permasalahan atau kendala yang masih ditemui di lapangan.

Herson menyebut, pihaknya juga menjadi tahu tentang apa saja yang harus dibenahi dan dicegah, sehingga suasana aman, nyaman serta kondusif di Kalteng dapat terus dijaga secara berkelanjutan bahkan ditingkatkan.

"Kami juga ingin semakin banyak pihak yang berpartisipasi dalam penyampaian informasi positif terkait pelaksanaan pembangunan di Kalteng. Jadi masyarakat mengetahui, sejauh apa perkembangan yang berhasil dicapai," ungkap Herson saat ditemui usai pertemuan tersebut.

Pihaknya menilai, sejauh ini suasana dan kondisi di Kalteng sangatlah baik. Salah satu contohnya pada saat pemilu serentak tahun 2019, jika di daerah lain banyak ditemukan pelanggaran dan penyebaran hoax maupun ujaran kebencian, hal serupa sangat sedikit ditemui di Kalteng.

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar