Barito Selatan bersiap hadapi MTQ Kalteng

id Barito Selatan bersiap hadapi MTQ Kalteng,Barsel,Musabaqah Tilawatil Quran

Barito Selatan bersiap hadapi MTQ Kalteng

Bupati Barito Selatan, Eddy Raya Samsuri menyerahkan piala bergilir kepada ketua panitia pada acara pembukaan MTQ ke-42 tingkat Kabupaten Barito Selatan di Buntok, Kamis (19/12/2019) malam. ANTARA/Bayu Ilmiawan

Buntok (ANTARA) - Kabupaten Barito Selatan mulai mempersiapkan diri menghadapi Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) tingkat Provinsi Kalimantan Tengah dengan terlebih dahulu menggelar event religi itu di tingkat kabupaten yang dibuka Kamis (19/12) malam



 



"Kami mengharapkan kepada peserta agar bersungguh-sungguh untuk mencapai prestasi tarbaik, sehingga dapat mewakili Barsel pada MTQ tingkat provinsi Kalteng yang akan dilaksanakan di Buntok pada 26 Maret 2020 mendatang," kata Bupati Barito Selatan Eddy Raya Samsuri di Buntok.



Eddy mengatakan tujuan MTQ ini untuk menumbuhkembangkan ilmu seni baca Al-Quran di kalangan masyarakat dan menggali bibit qari dan qariah, serta hafidz dan hafidzah yang dinilai berbakat.



Dengan demikian, maka dalam ajang MTQ tingkat provinsi tersebut nantinya, para kafilah Barito Selatan selaku tuan rumah bisa mengharumkan nama baik daerah. Barito Selatan menargetkan sukses ganda yakni mampu menjadi tuan rumah yang baik serta sukses meraih juara umum pada ajang tersebut.



"Semoga apa yang kita harapkan dalam kegiatan ini bisa tercapai. Kami berharap dukungan dan kerja keras semua pihak," harap Eddy.



Berdasarkan data panitia, sebanyak 254 peserta MTQ ke-42 tingkat Kabupaten Barito Selatan yang dilaksanakan pada 19-21 Desember 2019. Seluruh kecamatan mengirim utusan terbaik mereka dalam ajang seni baca Al Qur'an tersebut.



"Sebanyak 254 orang yang terdiri dari peserta tersebut berasal dari enam kecamatan di daerah ini," kata Ketua Panitia MTQ ke 42, Suaib saat acara pembukaan.



Ia menjelaskan, untuk jumlah peserta dari Kecamatan Dusun Utara sebanyak 32 orang, Dusun Selatan sebanyak 60 orang, Kecamatan Karau Kuala 40 orang, Kecamatan Dusun Hilir sebanyak 51 orang.



Sedangkan jumlah peserta dari Kecamatan Jenamas sebanyak 41 orang dan peserta dari Kecamatan Gunung Bintang Awai sebanyak 30 orang sehingga total peserta sebanyak 254 orang.



Selain itu ia juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada Bupati atas dukungannya, termasuk kepada Lembaga Pengembangan Quran (LPTQ) serta panitia, sehingga acara ini dapat terselenggara dengan baik.



Ketua Lembaga Pengembangan Quran (LPTQ) Barito Selatan, Muhammad Irpan mengatakan, MTQ yang dilaksanakan ini dalam upaya mempersiapkan peserta yang akan mengikuti MTQ tingkat provinsi yang akan dilaksanakan pada 26 Maret 2020 mendatang.



Sementara itu, saat pembukaan berlangsung, meskipun diguyur hujan deras, namun acara pembukaan berjalan dengan baik. Kegiatan itu dihibur grup musik religi asal Banjarbaru, Kalimantan Selatan.



Acara pembukaan MTQ ke-42 tingkat Kabupaten Barito Selatan tersebut dihadiri Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, anggota DPRD dan sejumlah kepala Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) setempat.