Bupati Barito Selatan ajak perempuan dukung peningkatan kualitas keluarga

id Bupati Barito Selatan ajak perempuan dukung peningkatan kualitas keluarga,Eddy Raya Samsuri,Ibu,Hari Ibu,Barsel,Buntok

Bupati Barito Selatan ajak perempuan dukung peningkatan kualitas keluarga

Bupati Barito Selatan Eddy Raya Samsuri bersama ketua TP PKK Barito Selatan, Permanasari (dua kanan) dan ibunda bupati Hj Norasiah (kiri) saat menghadiri acara peringatan Hari Ibu ke-91, Jumat (20/12/2019). ANTARA/Bayu Ilmiawan

Buntok (ANTARA) - Bupati Barito Selatan Kalimantan Tengah Eddy Raya Samsuri mengatakan peran ibu dalam rumah tangga sangat penting terutama dalam mendidik anak sebagai dasar terbentuknya kualitas dan karakter keluarga, masyarakat hingga bangsa.

"Jangan remehkan peran ibu, sebab kita semua dapat tumbuh besar dan bisa seperti ini karena peran ibu, disamping peran seorang ayah. Agama bahkan mengajarkan bahwa surga ada di telapak kaki ibu," kata Eddy Raya Samsuri saat peringatan Hari Ibu ke-91 di Gedung Pertemuan Umum Jaro Pirarahan Buntok, Jumat.

Eddy mengajak semua pihak menghargai dan menghormati kaum perempuan, layaknya menghargai dan menghormati ibu. Namun seorang ibu juga harus terus meningkatkan peran terhadap anggota keluarganya.

Selain itu ia juga mengajak masyarakat dan semua pihak agar mendukung dan memberikan kesempatan kepada kaum perempuan untuk maju dan memberdayakan diri, selama hal itu dilakukan secara positif dan bermanfaat.

Meskipun demikian lanjut dia, kaum perempuan harus tetap menyadari, dan menjunjung tinggi kodratnya dalam keluarga. Tanggung jawab dalam keluarga harus dipenuhi.

Eddy berpesan agar kaum perempuan hendaknya sukses dalam karier atau pekerjaan, namun harus dibarengi dengan sukses membina rumah tangga. Perempuan jangan melupakan tugas dan kewajiban sebagai seorang istri bagi suami, maupun ibu bagi anak-anaknya.

Melalui peringatan Hari Ibu, Eddy juga mengucapkan terima kasih atas peran dan kontribusi positif yang selama ini telah ditunjukan perempuan di Kabupaten Barito Selatan, baik secara individu maupun melalui berbagai organisasi wanita yang diantaranya GOW, PKK, Persit, Bhayangkari, Dharma Wanita, dan organisasi lainnya.

"Kita berharap agar peran dan kualitas organisasi wanita yang ada dapat ditingkatkan, mengingat masih banyak peluang dan tantangan pembangunan kedepannya," kata Eddy Raya Samsuri.

Sementara Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) Barito Selatan, Suriadi Kurnain mengatakan, tujuan dilaksanakannya kegiatan peringatan Hari Ibu ke-91 ini dalam upaya mendorong terwujudnya kesetaraan antara perempuan dengan laki-laki dalam kehidupan berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

"Kemudian untuk mendukung penguatan karakter perempuan berdaya melalui sektor ekonomi, kewirausahaan sebagai salah satu solusi penurunan angka kekerasan terhadap perempuan dan peningkatan peran keluarga dalam pendidikan anak, pencegahan perkawinan dini anak, dan pencegahan pekerja anak," jelasnya.

Disamping itu juga meningkatkan peran serta instansi pemerintah dan nonpemerintah mendorong kewirausahaan perempuan menjadi gerakan bersama yang dilaksanakan oleh pemerintah pusat dan daerah, organisasi perempuan, lembaga masyarakat, pemerhati perempuan, akademisi, dunia usaha, media massa, serta masyarakat pada umumnya.

Acara peringatan Hari Ibu ke-91 yang berlangsung di Gedung Pertemuan Umum Jaro Pirarahan Buntok tersebut dihadiri kaum perempuan dari berbagai organisasi di wilayah setempat.