Pramuka efektif bantu antisipasi dampak negatif perkembangan zaman

id Pramuka efektif bantu antisipasi dampak negatif perkembangan zaman,Pramuka,Barito Timur,Bartim,Bupati,Ampera AY Mebas

Pramuka efektif bantu antisipasi dampak negatif perkembangan zaman

Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas (tengah) didampingi Ketua Kwartir Cabang Pramuka Barito Timur Eskop foto bersama jajaran pengurus gerakan pramuka Bartim periode 2019-2024 di GPU Mantawara Tamiang Layang, Jumat (20/12/2019). ANTARA/Habibullah

Tamiang Layang (ANTARA) - Bupati Barito Timur Kalimantan Tengah Ampera AY Mebas mengatakan kegiatan Pramuka patut diberikan dukungan bersama sebagai wujud upaya antisipasi dampak negatif perubahan zaman, khususnya perkembangan dunia informasi, ilmu pengetahuan dan teknologi dewasa ini.

"Yang kita antisipasi bukanlah perkembangan ipteknya, tetapi adalah dampak negatif yang timbul akibat perkembangan tersebut," ucap Ampera AY Mebas usai acara pengukuhan Pengurus Gerakan Pramuka periode 2019-2024 di Tamiang Layang, Jumat.

Menurut Ampera, kegiatan kepramukaan di Barito Timur merupakan salah satu langkah yang srategis dilaksanakan oleh Gerakan Pramuka sebagai sarana untuk lebih mengembangkan lembaga organisasi kepramukaan, sekaligus memasyarakatkan Gerakan Pramuka di seluruh lapisan masyarakat.

Kabupaten Barito Timur dengan luas 3.834 km persegi yang terbagi dalam 10 kecamatan, sangat membutuhkan sumber daya manusia yang terampil dan kokoh untuk mengelola sumber daya alam yang dimiliki.

"Saya sangat berharap melalui kegiatan kepramukaan akan terbentuk generasi muda yang mempunyai kepedulian untuk mengembangkan dan memajukan sumber daya manusia di seluruh desa di Barito Timur," kata pria kelahiran 3 Agustus 1967 itu.

Tanpa disadari, kemajuan yang dicapai pembangunan saat ini telah memberi dampak positif maupun negatif dalam kehidupan dan perkembangan masyarakat lebih-lebih generasi muda.

Sesuai tujuan dan tugas pokok gerakan Pramuka, maka organisasi ini senantiasa fokus pada objek generasi muda atau peserta didik, baik kuantitas maupun kualitasnya. 

Segenap jajaran gerakan pramuka di Barito Timur hendaknya terus menerus memelihara semangat kepramukaan yang ikhlas, rela berkorban dan menolong sesama, mencintai lingkungan yang berlandaskan atas satya dan darma pramuka.

Gerakan Pramuka diharapkan menjadi perekat persatuan dan kesatuan dalam menumbuhkembangkan semangat nasionalisme dan patriotisme yang berkualitas, sehingga anggota Pramuka dapat meningkatkan perannya dalam pembangunan bangsa sebagai upaya mewujudkan cita-cita proklamasi kemerdekaan Negara Indonesia. 

Oleh karena itu, peran dan tugas Pengurus Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Barito Timur saat ini dan masa yang akan datang, mempunyai peranan yang strategis dalam meningkatkan wawasan kebangsaan bagi kalangan generasi muda khususnya generasi muda.

"Untuk itu, saya selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Barito Timur, akan berusaha mendukung kegiatan yang dilaksanakan oleh Kwartir Cabang Barito Timur dalam rangka membumikan kegiatan kepramukaan sebagai salah satu pilar pembentukan Karakter generasi muda di Bumi Gumi Jari Janang Kalawah," demikian Ampera.