MTQ ke-42 Barsel berakhir, LPTQ diminta persiapkan kafilah secara optimal

id Pemkab barsel, barsel, barito selatan, mtq, stq, qori, qoriah, hafiz, lptq

MTQ ke-42 Barsel berakhir, LPTQ diminta persiapkan kafilah secara optimal

Camat Dusun Selatan Mario Aan (lima dari kiri depan) bersama Kafilah Kecamatan Dusun Selatan yang berhasil menjadi juara umum Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kabupaten Barito Selatan di Buntok, Sabtu (21/12/2019). (ANTARA/Bayu Ilmiawan)

Buntok (ANTARA) - Kecamatan Dusun Selatan berhasil menjadi juara umum pada Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-42 tingkat Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah yang dilaksanakan pada 19-21 Desember 2019.

Sedangkan juara 1 diraih Kecamatan Jenamas, juara 2 Kecamatan Karau Kuala dan Dusun Hilir, juara 3 Kecamatan Gunung Bintang Awai dan juara 4 Kecamatan Dusun Utara.

"Saya mengucapkan selamat kepada peserta yang berhasil meraih juara pada semua cabang lomba MTQ tingkat kabupaten ini," kata Penjabat Sekretaris Daerah Barito Selatan Syahrani pada acara penutupan di Buntok, Sabtu malam.

Bagi yang belum mendapatkan juara, Syahrani berpesan bahwa hal itu merupakan kemenangan yang tertunda dan dijadikan sebagai pemacu semangat untuk persiapan yang lebih baik, sehingga menjadi juara di masa mendatang.

Ia juga meminta kepada Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Barito Selatan mempersiapkan qori dan qoriah, maupun hafiz dan hafizah untuk mengikuti MTQ ke-30 tingkat provinsi pada 26 Maret 2020 mendatang.

"Berikan pembinaan dan latihan secara disiplin, serta kami harapkan para pelatih bisa secara efektif dalam memberikan pelatihan dan pembinaan," ucapnya.

Pihaknya meyakini dengan pelatihan dan pembinaan tersebut, Barito Selatan nantinya bisa menjadi juara umum MTQ di tingkat provinsi.

Sementara itu Ketua LPTQ Barito Selatan Muhammad Irpan menyampaikan, bagi pemenang pada kegiatan itu akan mengikuti pemusatan pelatihan atau 'training center' (TC) untuk persiapan mengikuti MTQ tingkat provinsi.

"Mudah-mudahan, mereka yang berhasil pada hasil MTQ ini, bisa berhasil menjadi juara dan membawa Barito Selatan menjadi juara umum MTQ tingkat provinsi," harapnya.

Acara penutupan MTQ ke-42 tingkat Kabupaten Barito Selatan tersebut dihadiri Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, anggota DPRD dan sejumlah kepala satuan organisasi perangkat daerah (SOPD) setempat.

Pada acara penutupan itu, panitia juga menyiapkan sejumlah hadiah tambahan yang berasal dari sejumlah instansi kepada peserta dan penonton yang menghadiri acara tersebut.