Nadalsyah harapkan karang taruna peduli terhadap sosial masyarakat

id bupati barut nadalsyah,kemah wisata karang taruna,da trinsing,karana taruna barut,bulan bakti karang taruna

Nadalsyah harapkan karang taruna peduli terhadap sosial masyarakat

Bupati Barito Utara Nadalsyah menghadiri Kemah Wisata Karang Taruna, usai pembukaan, di Desa Trinsing Kecamatan Teweh Selatan, Sabtu (21/12/2019). ANTARA/Ist

Muara Teweh (ANTARA) - Bupati Barito Utara  H Nadalsyah menghadiri pembukaan Kemah Wisata Bulan Bhakti Karang Taruna (BBKT) tingkat Kabupaten setempat sekaligus pelantikan pengurus Karang Taruna 9 Kecamatan di daerah inidi Dam Desa Trinsing Kecamatan Teweh Selatan, Sabtu.

Kegiatan ini dihadiri Wakil Bupati Barito Utara Sugianto Panala Putra bersama Ketua GOW, Ketua DPRD Barito Utara Hj Mery Rukaini, Sekda H Jainal Abidin, kepala perangkat daerah, Camat, Lurah, Kades se Barito Utara, dan kelompok-kelompok Karang Taruna.

Bupati Nadalsyah  mengatakan bulan bakti karang taruna merupakan momen penguatan integritas karang taruna yang ada di tingkat kabupaten. Perlu diingat kembali bahwa karang taruna adalah organisasi swadaya masyarakat yang tumbuh dari oleh dan untuk masyarakat sehingga kehadirannya agar membawa manfaat kepada masyarakat.

“Tumbuhkan rasa peduli kepada sesama terutama bagi mereka yang menjadi penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) dan pertahankan budaya gotong royong agar tidak luntur ditelan masa,” katanya.
 
Bupati Barito Utara H Nadalsyah didampingi Wakil Bupati Sugianto Panala Putra dan Sekda H Jainal Abidin foto bersama dengan peserta Kemah Wisata Karang Taruna, usai pembukaan, di Desa Trinsing Kecamatan Teweh Selatan, Sabtu (21/12/2019). ANTARA/Ist

Kegiatan ini juga, kata H Koyem sapaan akrab Bupati sebagai konsolidasi organisasi dan forum silaturrahim, sebagai media informasi dan komunikasi sesama aktivis Karang Taruna.

Dan juga sebagai gerakan langsung kiprah dan karya nyata karang taruna di tengah-tengah masyarakat dan juga sebagai wahana akbar pertemuan tahunan Karang Taruna Kabupaten Barito Utara untuk berbagi rasa dan karsa serta kepedulian sosial pada masyarakat.

Kehadiran aktivitas karang taruna di kancah perkembangan zaman yang serba modern turut mewarnai peningkatan SDM generasi muda bangsa khususnya dalam pergerakan pembanguanan kesejahteraan sosial di desa/kelurahan.

"Sebagai organisasi sosial dan mitra kerja pemerintah khususnya dibidang usaha kesejahteraan sosial, karang taruna dituntut proaktif dan kreatif dalam menjalankan roda organisasinya terutama dalam upaya turut serta mempercepat pembangunan dan tugas-tugas pemerintah khususnya dalam pemberdayaan masyarakat dan penanganan PMKS," ucapnya.

Sebelumnya ketua panitia kemah BBKT I Akhmad Gunadi mengtakan maksud dan tujuan dari kegiatan ini yaitu penyegaran pribadi anggota dan pengurus karang taruna, meningkatkan rasa persatuan sesama karang taruna se Barito Utara, memperkenalkan dan menunjukkan kekayaan pariwisata sehingga tercipta rasa tanggung jawab untuk menjaga serta melestarikannya.

Plt Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan dan Masyarakat Desa Eveready Noor menambahkan untuk menjalankan tugas pokok, karang taruna mempunyai fungsi sesuai (pasal 6 Permensos 77/2010) mencegah timbulnya masalah kesejahteraan sosial, khususnya generasi muda.

“Menyelenggarakan kesejahteraan sosial meliputi rehabilitasi, perlindungan sosial, jaminan sosial, pemberdayaan sosial, dan diklat setiap anggota masyarakat terutama generasi muda, meningkatkan usaha ekonomi produktif,” ujarnya.
 

Pewarta :
Uploader : Admin 1
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar