Bupati Barut minta Panwascam jangan takut diteror

id bupati barut nadalsyah,pelantikan panwascam barut,pilkada kalteng 2020,bawaslu barut

Bupati Barut minta Panwascam jangan takut diteror

Bupati Barito Utara H Nadalsyah foto bersama anggota Panwas Kecamatan dalam mengadapi pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng 2020 di Muara Teweh, Minggu (22/12/2019).ANTARA/HO-Dinas Kominfosandi Barut

Muara Teweh (ANTARA) - Sebanyak 27 orang panitia pengawas kecamatan (Panwascam) tersebar di sembilan kecamatan di Kabupaten Barito Utara, dalam menghadapi pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah 2020 dilantik oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) setempat.

"Saya minta Panwascam yang baru dilantik dan diambil sumpah ini agar segera menyesuaikan dengan tahapan yang telah disusun dan dilaksanakan oleh Komisi Pemilihan Umum Barito Utara sebagaimana amanat UU nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu, tugas dan wewenang Panwascam," kata Bupati Barito Utara Nadalsyah memberikan sambutan pada pelantikan Panawascam di Muara Teweh, Minggu.

Menurut Nadalsyah, panwascam mempunyai peranan yang sangat penting dalam kegiatan pengawasan pemilihan,  yang mana demokrasi yang kita anut merupakan ideal untuk menjalankan roda pemerintahan. 

Seperti pada peraturan perundangan yang menjadi dasar pemilihan ini adalah UU Nomor 1 tahun 2015 yang telah beberapa kali di rubah terakhir dengan UU Nomor 10 tahun 2016, dalam isi UU tersebut mengatur tugas dan wewenang dan kewajiban panwascam dalam mengawasi semua tahapan pemilihan kepala daerah. 
 
Ketua Bawaslu Barito Utara Alamsyah melantikan 27 orang anggota Panwas Kecamatan dalam mengadapi pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng 2020 di Muara Teweh, Minggu (22/12/2019).ANTARA/HO-Dinas Kominfosandi Barut

"Saya berpesan kepada seluruh jajaran Panwas baik di tingkat Kabupaten maupun di tingkat Kecamatan, untuk mempelajari dan memahami peraturan-peraturan yang digunakan sebagai pedoman dalam tugas, katanya. 

Apalagi, kata dia, Panwascam merupakan ujung tombak pengawasan penyelenggaraan pemilihan pada tingkat kecamatan yang diharapkan tetap berpedoman pada ketentuan serta peraturan perundang-undangan yang berlaku. 

"Jangan takut diteror, dimaki atau bahkan difitnah," tegas Nadalsyah. 

Ketua Bawaslu Barito Utara  Alamsyah mengatakan Panwascam bertujuan untuk menjaga kualitas dan kepastian hukum agar pesta demokrasi yang akan dilaksanakan berjalan dengan lancar. 

“Mulai dari masa pendaftaran, pelaksanaan hingga perhitungan suara dapat berjalan dengan aman dan lancar. Semoga para Panwascam yang telah dilantik dapat menjalankan tugasnya dengan penuh tanggung jawab, tulus dan ikhlas," kata dia usai melantik anggota Panwascam.