Jelang Natal, aparat keamanan sterilkan sejumlah gereja di Kobar

id Pemkab kobar, kobar, kotawaringin barat, pangkalan bun, polres, tni, sterilisasi, natal, tahun baru

Jelang Natal, aparat keamanan sterilkan sejumlah gereja di Kobar

Anggota Unit Gegana Kompi 2 Batalyon B Satbrimob Polda Kalteng melakukan pengecekan gereja di Pangkalan Bun, Selasa, (24/12/2019). (ANTARA/Hendri Gunawan)

Pangkalan Bun (ANTARA) - Satuan Polisi Resor Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, dibantu anggota Unit Gegana Kompi Dua Batalyon B Satbrimob Polda Kalteng dan Kodim 1014 Pangkalan Bun, mensterilkan sejumlah gereja di wilayah setempat.

Giat itu merupakan langkah preventif TNI-Polri sebagai upaya menjaga situasi kamtibmas khususnya di Kotawaringin Barat, kata Kapolres Kotawaringin Barat AKBP E Dharma B Ginting di Pangkalan Bun, Selasa.

"Kami berkoordinasi dengan pengurus gereja, bahwa semua yang dilakukan itu sifatnya sebagai upaya pencegahan mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan," tegasnya.

Tim terpadu dari TNI-Polri dan unit Gegana melakukan kegiatan sterilisasi menyambut malam Natal. Sebab pada kegiatan itu akan ada banyak masyarakat yang melaksanakan ibadah dan juga perayaan Natal pada Rabu (25/12).

"Yang jelas kami melakukan giat ini sesuai dengan SOP yaitu sterilisasi di tempat-tempat ibadah atau gereja yang tersebar khususnya di Pangkalan Bun. Sepanjang berlangsungnya giat tidak ada ditemukan hal-hal yang dapat mengganggu kamtibmas pada 23 gereja yang kami periksa," katanya.

Sementara itu, untuk pengamanan Natal dan tahun baru 2020, Polres Kotawaringin Barat mendirikan pos dengan tiga kategori, diantaranya pos terpadu, pos pelayanan dan pos keamanan.

Pos terpadu dipusatkan di kawasan Bundaran Pancasila, menyusul surat edaran keputusan Bupati Kotawaringin Barat yang menetapkan perayaan malam pergantian tahun dipusatkan di Kawasan Bundaran Pancasila.

Selain mensterilkan gereja serta mendirikan pos pelayanan, pos keamanan dan pos terpadu, Polres Kotawaringin Barat melalui unit Sabhara juga melakukan penyisiran sejumlah titik yang dinilai rawan terjadi kejahatan.

Tak hanya itu, guna memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat yang mudik untuk merayakan Natal dan malam pergantian tahun baru, Polres Kotawaringin Barat melalui Polsek Arut Selatan juga membuka jasa penitipan rumah bagi warga secara gratis.

"Hal tersebut kami lakukan untuk mencegah terjadinya tindak pidana yang berkaitan dengan rumah kosong," ungkapnya.