Polres Barito Timur mendadak periksa urine sopir

id Polres Barito Timur mendadak periksa urine sopir,Bartim,Natal,Tahun Baru,Narkoba

Polres Barito Timur mendadak periksa urine sopir

Anggota Satresnarkoba Polres Bartim bersama anggota Satlantas dan Satsabhara saat pemeriksaan urine sopir travel di Tamiang Layang, Jumat (27/12/2019). ANTARA/HO-Polres Bartim

Tamiang Layang (ANTARA) - Kepolisian Resor Barito Timur Kalimantan Tengah secara mendadak memeriksa urine sopir travel di wilayah setempat untuk mengetahui apakah di antara mereka yang menggunakan narkoba.

"Tes urine dilaksanakan bekerjasama dengan Satresnarkoba dan Satsabhara Polres Barito Timur. Para sopir sudah dites urine dan hasilnya negatif," kata Kapolres Barito Timur AKBP Zulham Effendy melalui Kasatlantas Iptu Sugeng di Tamiang Layang, Jumat.

Ada 12 sopir travel yang sudah menjalani pemeriksaan urine dan rencananya berkelanjutan. Tujuannya dalam rangka menjaga situasi aman pasca Hari Raya Natal 2019 dan menjelang Tahun Baru 2020.

Menurut Sugeng, setiap sopir memang perlu dites urine karena mereka melaksanakan perjalanan mengantar penumpang yang sebagian besar menuju ke arah Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Palangka Raya Ibu Kota Provinsi Kalimantan Tengah.

Selain tes urine, anggota Satlantas juga melakukan pengecekan fungsi-fungsi kendaraan seperti lampu, lampu sein, rem kendaraan serta surat menyurat dan kelengkapan kendaraan.

Hal ini sebagai antisipasi agar sopir dalam kondisi sehat dan fit, serta kendaraan mereka juga dalam keadaan laik ketika mengantar penumpang sampai ke tujuan dengan selamat.

"Kami ingin memastikan para pengemudi atau sopir travel yang menjadi sarana umum transportasi untuk membawa penumpang bisa sampai tujuan dengan aman dan lancar," katanya.

Sopir juga diimbau agar selalu berhati-hati dalam mengemudi. Sopir dilarang mengonsumsi narkoba, tidak ugal-ugalan dalam mengemudi serta mengutamakan keselamatan dalam berlalu lintas.

Sugeng juga menyampaikan, hingga saat ini arus lalu lintas di wilayah Kabupaten Barito Timur dari tujuan ke arah Banjarmasin Kalimantan Selatan maupun sebaliknya, terpantau tertib, aman dan lancar.

Kondisi itu juga terlihat dari pantauan langsung anggota Satlantas dari dua pos pelayanan dan satu pos pengamanan yang ada dalam kegiatan Operasi Lilin Telabang 2019 Polres Barito Timur.