Arus balik Natal, lalu lintas di Bartim aman dan lancar

id Kalimantan Tengah, Kalteng, Barito Timur, Bartim, polres Bartim

Arus balik Natal, lalu lintas di Bartim aman dan lancar

Arus lalu lintas di jalan A Yani depan Pasar Temanggung Djaya Karti Tamiang Layang, Sabtu (28/12/2019), terpantau tertib, aman dan lancar. (ANTARA/Habibullah)

Tamiang Layang (ANTARA) - Kepolisian Resor Barito Timur, Kalimantan Tengah, terus memantau arus lalu lintas sejumlah ruas jalan di wilayah setempat dan hingga saat ini terpantau saat ini tertib, aman dan lancar menjelang arus balik perayaan dan libur Natal tahun 2019.

Kapolres Barito Timur  AKBP Zulham Effendy melalui Kasatlantas Iptu Sugeng mengatakan, arus lalu lintas sudah mulai terpantau sejak operasi lilin telabang dan arus lalu lintas saat liburan natal dan menjelang tahun baru hingga saat ini terpantau tertib, aman dan lancar.

"Tidak ada kendala. Arus lalu lintas terpantau tertib, aman dan lancar karena tidak ada konvoi atau rombongan di jalan raya," kata Iptu Sugeng di Tamiang Layang, Sabtu.

Polres Barito Timur dan jajaran polsek juga akan terus memantau pergerakan arus mudik dan balik Natal dan Tahun baru baik tujuan wilayah Kalsel dan sebaliknya dari wilayah Kalsel yang mudik ke wilayah Daerah Aliran Sungai (DAS) Barito.

Baca juga: Kader NU diminta terus berkontribusi membangun Barito Timur

Pemantauan tersebut dilakukan Polres Barito Timur tiap posko pengamanan dan Posko pelayanan dan pos pantau di beberapa titik di wilayah hukum Polres Barito Timur.

Terkait jalan yang mengalami kerusakan, Satlantas Polres Barito Timur bersama unsur Forum Lalu Lintas Daerah Barito Timur telah membuat spanduk imbuan untuk berhati-hati pada titik yang dianggap rawan kecelakaan lalu lintas.

Informasi titik rawan tersebut juga disampaikan melalui Pemerintah Kabupaten Barito Timur untuk Pemprov Kalteng menyampaikan ke Pemerintah Pusat agar ada perbaikan guna menghindari dan mengurangi angka kecelakaan lalu lintas.

Bagi pengendara yang melintasi wilayah Barito Timur diharapkan berhati-hati. Jika sedang dalam kondisi mengantuk, bisa beristirahat di Pos Pelayanan maupun Polsek terdekat yang ada di Barito Timur.

Selain itu, para pemudik juga diharapkan tidak memacu kecepatan tinggi saat berkendara terutama di jalan raya di wilayah Barito Timur karena adanya penurunan kualitas jalan yang berlum maksimal dilakukan perbaikan.

"Para pemudik bisa memanfaatkan pos yang dibangun nantinya sebagai sarana beristirahat untuk menghilangkan lelah. Sebab, jika dalam kondisi lelah dipaksa tetap berkendara maka bisa berdampak negatif dan fatal," ungkap Sugeng.

Baca juga: Natal jadi momentum mempererat persaudaraan

Baca juga: Bupati Bartim siap gelar 'open house' perayaan Natal 2019