Alasan Shin Tae-Yong terima tawaran jadi pelatih timnas Indonesia

id Shin Tae-Yong ,Pelatih timnas indonesia,Pssi

Alasan Shin Tae-Yong terima tawaran jadi pelatih timnas Indonesia

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan (kedua kiri) berjabat tangan dengan Pelatih Timnas Indonesia senior yang baru Shin Tae-Yong (kedua kanan) disaksikan Wakil Ketua Umum Iwan Budianto (kanan) dan Sekretaris Jenderal Ratu Tisha (kiri) saat diperkenalkan ke media di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (28/12/2019). ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/wsj.

Jakarta (ANTARA) - Pelatih baru tim nasional Shin Tae-Yong mengaku bersedia melatih Indonesia karena percaya masih ada harapan.



"Saya terima tawaran dari PSSI karena meski dalam lima pertandingan terakhir timnasnya selalu kalah, walaupun banyak kekurangan juga, tapi masih ada harapan-harapan untuk ke depan," kata mantan pelatih timnas Korea Selatan itu saat diperkenalkan oleh PSSI di Stadion Pakansari, Bogor, Sabtu.



Shin juga meyakini Indonesia memiliki pemain-pemain berkualitas bagus yang dia lihat sendiri sewaktu timnas Korsel U-22 yang saat itu dilatihnya, menghadapi  Indonesia pada 2015.



Shin mengaku kagum kepada keramahan orang Indonesia yang dia rasakan langsung saat masih bermain untuk Seongnam Ilhwa Chunma melawan Persib Bandung pada Liga Champions Asia 1995.



Mengenai target terdekat, Shin dibebani misi memenangkan semua sisa laga Indonesia pada kualifikasi Piala Dunia Grup G.



Shin yang juga akan membantu timnas U-22, U-19, dan U-16 akan mengalihkan fokus pada persiapan timnas untuk Piala Dunia U-20 pada 2022.



Shin berjanji untuk berusaha semaksimal mungkin meloloskan Indonesia dari fase grup.



Dalam menjalankan tugasnya, Shin akan dibantu sejumlah asisten asal Indonesia. 



Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengatakan hal itu ditempuh karena para pelatih lokal memiliki lebih banyak pengetahuan tentang budaya pemain Indonesia.



Namun Mochamad yang akrab disapa Iwan Bule itu menolak mengumumkan para pelatih lokal yang akan membantu Shin.



Dia juga menolak menyebutkan nilai kontrak Shin dan  hanya menyatakan PSSI mampu membayar kontrak pelatih yang pernah membawa Korsel menaklukkan Jerman pada fase grup Piala Dunia 2018 itu.