Berkat bantuan gubernur, pembangunan jembatan di Barut nyaris selesai

id Kalimantan Tengah, Kalteng, Jembatan Penyeberangan Muara Teweh-Jinga, PUPR Kalteng, Shalahuddin, Kepala PUPR Kalteng

Berkat bantuan gubernur, pembangunan jembatan di Barut nyaris selesai

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran (kanan) bersama Kepala PUPR Kalteng Shalahuddin memantau perkembangan pembangunan jembatan penyeberangan Muara Teweh-Jinga, beberapa waktu lalu. (ANTARA/HO-Dinas PUPR Kalteng)

Palangka Raya (ANTARA) - Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran menyediakan anggaran sekitar Rp30 miliar untuk membantu menyelesaikan pembangunan jembatan penyeberangan dari Muara Teweh-jinga, Kabupaten Barito Utara, dan sekarang ini progressnya nyaris 100 persen.

Anggaran sebesar Rp30 miliar yang telah disediakan gubernur tersebut dipergunakan untuk membangun jembatan pendekat beton bertulang dan pengadaan rangka baja serta oprit, kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kalteng Shalahuddin melalui pesan singkat di Palangka Raya, Minggu.

"Membangun jembatan penyeberangan sepanjang 448 meter itu memang anggarannya dari Pemerintah Provinsi dan Kabupaten Barut. Dan, bapak Gubernur menyediakan anggaran yang relatif banyak untuk membantu menyelesaikannya," tambah dia.

Selain membantu anggaran, Gubernur Kalteng juga memerintahkan Dinas PUPR Provinsi untuk mengkonsultasikan desain jembatan penyeberangan tersebut ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, sekaligus mendampingi pengerjaannya sampai tuntas.

Baca juga: Sambut Natal dan tahun baru, PUPR Kalteng gelar sejumlah posko

Shalahuddin mengatakan gubernur menginginkan jembatan yang dibangun harus kuat dan desainnya menarik. Tujuannya agar masyarakat yang nantinya melintasi jembatan tersebut aman, bisa dipergunakan dalam waktu sangat lama serta desainnya menarik untuk dilihat.

"Bapak Gubernur selalu memantau perkembangan pengerjaan jembatan tersebut. Kami bahkan beberapa kali dipanggil untuk mengetahui sejauh mana perkembangan pembangunannya dan apakah sesuai spesifikasi serta tepat waktu penyelesaiannya" beber dia.
Kondisi terbaru perkembangan pembangunan Jembatan Penyeberangan Muara Teweh-Jinga. (ANTARA/HO-Dinas PUPR Kalteng)

Kepala PUPR Kalteng itu menyebut bahwa pembangunan jembatan penyeberangan Muara Teweh-Jinga memang sudah lama diharapkan masyarakat sekitar. Hal itulah yang mendasari gubernur menyediakan anggaran untuk membantu mewujudkan harapan masyarakat tersebut.

Baca juga: Jembatan Muara Teweh - Jingah fungsional tahun depan

Dia mengatakan keberadaan jembatan tersebut tidak hanya mempermudah mobilitas warga dari Muara Teweh ke Jinga ataupun sebaliknya, tapi juga meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar. Dampaknya bagi Kalteng secara keseluruhan juga ada dari sisi pertumbuhan ekonomi.

"Jadi, sangat banyak manfaat pembangunan jembatan itu. Dan, berkat perhatian dari bapak Gubernur Sugianto Sabran lah pembangunannya, sehingga  sekarang ini nyaris selesai 100 persen," demikian Shalahuddin.

Baca juga: Nyaris 100 persen jalan provinsi sudah ditangani, kata PUPR Kalteng

Baca juga: Dulu berkubang lumpur, ini penampakan jalan layang Pangkalan Bun-Kolam