Pergerakan penumpang Bandara Tjilik Riwut periode Nataru alami penurunan

id Angkasa pura II, ap II, bandara tjilik riwut, palangka raya, kalteng, kalimantan tengah, penumpang, pesawat, maskapai, nataru, natal, tahun baru, libu

Pergerakan penumpang Bandara Tjilik Riwut periode Nataru alami penurunan

Suasana di Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya, Kalimantan Tengah. (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)

Palangka Raya (ANTARA) - Pergerakan penumpang pada periode Natal dan tahun baru (Nataru) di Bandara Tjilik Riwut Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah sementara ini turun sebesar 1,73 persen jika dibandingkan tahun 2018.

"Hingga H+4 periode Nataru tahun 2019, pergerakan sebanyak 30.603 penumpang, sedangkan pada tahun 2018 mencapai 31.141 penumpang," kata Pelaksana Tugas Manager Operation-Service PT Angkasa Pura II Bandara Tjilik Riwut Riyan Budhi Arga di Palangka Raya, Senin.

Sementara itu, berdasarkan pemantauan pada posko angkutan Nataru Bandara Tjilik Riwut, terhitung sejak H-6 19 Desember 2019 hingga H+4 29 Desember 2019, terdapat pertumbuhan pergerakan pesawat udara sebesar 1,38 persen jika dibandingkan periode yang sama di tahun 2018.

Pada tahun 2018 pergerakan pesawat udara mencapai 290 flight dan di tahun 2019 terdapat 294 flight sampai dengan periode H+4 masa angkutan Nataru atau tiga hari menjelang pergantian tahun.

Sedangkan puncak arus penumpang terjadi pada 24 Desember 2019, yakni terdapat lonjakan penumpang mencapai 23 persen dibandingkan tahun 2018 lalu.

"Kami perkirakan arus balik Nataru terjadi pada 5 Januari 2020 mendatang, dengan asumsi telah selesainya masa liburan," jelasnya kepada ANTARA di sela kegiatan kerjanya.

Pada periode Nataru 2019 ini, keberangkatan dan kedatangan penumpang masih didominasi dari rute destinasi Surabaya dengan tingkat keterisian kursi pada rute PKY-SUB mencapai 92 persen, sedangkan untuk rute PKY-CGK mencapai 89 persen.

Kemudian pada periode Nataru 2019 tidak terdapat extra flight seperti periode sebelumnya, sebab tidak ada maskapai yang mengajukan penambahan. Namun secara keseluruhan kebutuhan penerbangan masyarakat tetap terpenuhi dengan baik.

PT Angkasa Pura II Bandara Tjilik Riwut terus memastikan kesiapan fasilitas operasional dalam mendukung masa angkutan Nataru 2019, salah satunya dengan mengadakan posko bersama angkutan hingga 6 Januari 2020 mendatang.

Selain itu juga diselenggarakan agenda 'Airport Season's Greetings Festival' guna memberikan pengalaman bagi pengguna jasa di bandara maupun masyarakat di Palangka Raya. Adapun kegiatannya meliputi kompetisi game online, pameran otomotif, pagelaran musik, bazar usaha mikro kecil dan menengah, serta lainnya.

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar