Sambut Tahun Baru 2020, pertokoan Palangka Raya banyak tutup

id tahun baru 2020,palangka raya,toko tutup,Sambut Tahun Baru 2020, pertokoan Palangka Raya banyak tutup

Sambut Tahun Baru 2020,  pertokoan Palangka Raya banyak tutup

Pertokoan di Jalan A Yani Palangka Raya tutup menyambut pergantian tahun (ANTARA/Rendhik Andika)

Palangka Raya (ANTARA) - Sebagian besar pertokoan di Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, terlihat sepi dari aktivitas jual beli bahkan sebagian lainnya tutup karena pemilik dan karyawan libur menyambut Tahun Baru 2020.

"Memang biasanya menjelang dan saat tahun baru toko-toko tak seramai hari biasa. Mungkin banyak warga yang liburan keluar kota. Omzet kami pun turun," katanya Yuanita (35) penjaga toko di kawasan A Yani Palangka Raya, Selasa.

Dia mengatakan biasanya toko yang menjual aneka sepatu dan sandal itu akan ramai pada empat hingga dua hari menjelang pergantian tahun.

Sementara itu, Syahrudin penjaga parkir di salah satu toko yang tetap beroperasi mengatakan meski toko yang dijaganya tetap buka tetapi jumlah pengunjung tak seramai biasanya.

Baca juga: Pemkab gelar tablig akbar menyambut pergantian tahun 2019-2020 di Seruyan

"Sejak kemarin toko di sekitar sini tutup, pemilik meliburkan karyawannya untuk liburan Natal dan tahun baru. Bisanya usai tahun baru-an toko di sini mulai bukan kembali," kata petugas parkir di salah satu toko di Jalan A Yani itu.

Sepinya pengunjung itu juga dirasakan Dewi salah satu penjaga toko di Tjilik Riwut. Dia menyatakan sejak Sabtu (30/12), jumlah pembeli yang mendatangi toko tersebut menurun.

"Mungkin karena warga banyak yang liburan keluar kota makanya toko sepi pembeli dan bisa karena prediksi itu juga banyak pemilik toko meliburkan karyawannya," katanya.

Pantauan di lapangan, sejumlah toko yang tidak melakukan aktivitas jual beli tersebut seperti di Jalan A Yani, Dr Murjani, Darmo Sugondo, Seth Aji, Jalan RTA Milono, termasuk di Jalan Tjilik Tjilik Riwut dan Jalan Yos Sudarso.

Baca juga: Rekomendasi kegiatan di malam Tahun Baru

Pada lokasi-lokasi itu hanya tampak sejumlah pedagang yang tetap membuka tokonya. Namun, sebagian besar toko lainnya tak nampak ada aktivitas jual beli yang dilakukan.

Beberapa toko lainnya bahkan mengumumkan libur sementara menggunakan ditulis tangan yang menyatakan pegawai sedang tahun baru sehingga sejumlah toko dipastikan tidak akan ada aktivitas jual beli hingga awal tahun 2020.

Di kawasan pertokoan Jalan A Yani yang biasanya terlihat padat dengan aktivitas bongkar muat truk pengangkut, pada hari ini terlihat sepi sehingga kendaraan yang melintas pun dapat melintas tanpa tersendat.

Meski sejumlah pertokoan tutup, namun untuk swalayan yang ada di "Kota Cantik" ini tetap beroperasi bahkan pengelola memberikan diskon khusus menyambut pergantian tahun 2019 ke 2020.

Baca juga: Personel Brimob disiagakan di Pantai Ujung Pandaran amankan libur tahun baru

Baca juga: 600 personel tim gabungan siap amankan malam pergantian tahun di Palangka Raya

Baca juga: Palangka Raya sambut tahun baru dengan menggelar ritual Ma'mapas Lewu