50 anggota Polres Barito Utara naik pangkat

id polres barito utara,naik pangkat polisi,kapolres barut,akbp dodo hendro kusuma

50 anggota Polres Barito Utara naik pangkat

Kapolres Barito Utara AKBP Dodo Hendro Kusuma menyematkan pangkat kepada anggota Polres di halaman Mapolres setempat, Selasa (31/12/2019).ANTARA/HO

Muara Teweh (ANTARA) - Sebanyak 50 personel  Polres Barito Utara, Kalimantan Tengah  terhitung pada 1 Januari 2020 mendapat penghargaan berupa kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi.

Kenaikan pangkat 50 personel tersebut yaitu dari AKP ke Kompol satu personel, Iptu ke AKP empat personel, Ipda ke Iptu sebanyak enam personel, Bripkan ke Aipda sebanyak tiga personel, Brigadir ke Bripka tiga personel, Briptu ke Brigadir dua personel dan Bripda ke Briptu 31 personel di halaman Mapolres setempat di Muara Teweh, Selasa.

Kapolres Barito Utara AKBP Dodo Hendro Kusuma mengatakan bahwa kenaikan pangkat bagi personel polisi merupakan bentuk penghargaan dan kesejahteraan yang diberikan oleh pimpinan Polri sebagai wujud atas prestasi dan pengabdiannya dalam melaksanakan tugas sebagai pelindung, pengayom, pelayan masyarakat dan penegakan hukum.

"Namun perlu diingat bahwa kenaikan pangkat bukanlah merupakan hak yang secara otomatis diterima oleh setiap personel Polri," katanya. 

 
Sejumlah personel Polres Barito Utara  dari Satuan Reskrim yang naik pangkat  dikerjai oleh rekannya di halaman Mapolres setempat, Selasa (31/12/2019).ANTARA/HO


Menurut dia, kenaikan pangkat bagi personel Polri ditentukan melalui proses sidang dewan pertimbangan karier atas kewajiban yang harus dilaksanakan dengan penilaian pimpinan sebagai persyaratan yang harus dipenuhi antara lain kelakuan, prakarsa, kemajuan kerja, kerjasama, ketabahan, prestasi kerja, pengembangan kewiraan, penyesuaian diri dan tanggung jawab serta loyalitas dan tidak tercela.

Tanda pangkat yang tengah dikenakan merupakan simbol kemampuan dan tanggung jawab, sehingga personel Polri yang menyandang pangkat tertentu dituntut adanya peningkatan kualitas mental, intelektual dan jasmani yang sesuai dengan pangkat yang disandangnya.

Untuk itu bagi personel Polri yang memperoleh kenaikan pangkat agar segera menyesuaikan diri diri dengan tingkatkan pangkat melalui upaya peningkatan wawasan terhadap kewajiban dan tanggungjawab dalam setiap pelaksanaan tugas.

“Dengan rasa bahagia, saya pribadi, keluarga dan selaku pimpinan Polres Barito Utara mengucapkan selamat kepada saudara-saudara beserta keluarga yang memperoleh kenaikan pangkat, semoga Tuhan Yang Maha Kuasa selalu memberikan kekuatan lahir dan bathin kepada kita sekalian dalam melaksanakan tugas pada masa yang akan datang,” ujarnya.