Bupati Barito Timur ajak masyarakat tingkatkan kerukunan

id Bupati Barito Timur ajak masyarakat tingkatkan kerukunan,Bupati Bartim,Ampera AY Mebas,Natal

Bupati Barito Timur ajak masyarakat tingkatkan kerukunan

Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas menyerahkan bingkisan kepada warga di acara perayaan Natal gabungan se-Kabupaten Barito Timur di Tamiang Layang, Senin (30/12/2019) malam. ANTARA/HO-Pemkab Bartim

Tamiang Layang (ANTARA) - Bupati Barito Timur Kalimantan Tengah Ampera AY Mebas mengajak masyarakat hidup rukun, aman dan damai, bersama dengan masyarakat lainnya dari berbagai suku, agama dan ras di Barito Timur dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, bahwa bangsa ini percaya hanya Tuhan-lah yang menganugerahkan kemerdekaan bagi bangsa ini untuk hidup rukun, aman dan damai, bersama dengan masyarakat lainnya dari berbagai suku, agama dan ras dalam bingkai NKRI," kata Ampera AY Mebas saat perayaan natal gabungan Pemerintah Daerah, TNI, Polri, DPRD, PKK, organisasi wanita lainnya dan gereja-gereja se-Kabupaten Barito Timur di Tamiang Layang, Senin (30/12) malam.

Menurut Ampera, hal tersebut merupakan implementasi dari kutipan pembukaan UUD 1945 dinyatakan bahwa hanya atas berkat dan rahmat Tuhanlah maka Bangsa Indonesia dapat meraih kemerdekaan. Untuk itu, bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar, bangsa yang percaya kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Ampera sangat mengapresiasi dan menyambut baik dilaksanakannya perayaan Natal gabungan sebagai bentuk kepedulian bersama seluruh elemen masyarakat Barito Timur terhadap pembinaan mental spiritual.

Menurutnya, sebagus apapun program dan kegiatan pembangunan tanpa adanya akhlak dan moralitas yang kuat, maka pembangunan akan sia-sia karena akhlak dan moral merupakan pondasi dalam melaksanakan pembangunan.

Untuk menciptakan akhlak dan moralitas itu hanya dapat ditempuh melalui pembinaan bidang rohani dan agama, salah satunya dilaksanakannya perayaan Natal gabungan.

Ampera juga mengajak umat Kristiani di Barito Timur menjadi sahabat bagi siapa saja walaupun berbeda suku, budaya dan keyakinan. Hal ini merupakan implementasi tema natal tahun 2019 ini yakni 'Hiduplah Sebagai Sahabat Bagi Semua Orang'

Semboyan Bhineka Tunggal Ika atau berbda-beda tetapi tetap satu, merupakan prinsip dasar bangsa Indonesia yang telah mempersatukan kehidupan berbangsa dan bernegara. 

Perayaan Natal gabungan diharapkan menjadi momentum silaturahmi yang sangat indah dan berkesan untuk mempererat persaudaraan sehinggga senantiasa merasakan syukur dalam setiap situasi dan keadaan.

Perayaan Natal gabungan yang menghadirkan pembicara dari Ketua Umum Majelis Sinode Gereja Kalimantan Evangelis (GKE) Pdt Dr Wardiman S Lidim MTH dan dimeriahkan bintang tamu Boby Febian.

Acara yang digelar secara sederhana namun penuh khidmat ini juga dihadiri Bupati Murung Raya Perdie M Yoseph, Wakil Bupati Barito Utara Sugianto Panala Putra, Wakil Bupati Barito Timur Habib Said Abdul Saleh, Wakapolres Barito Timur Kompol Donal Harianja, Ketua PN Barito Timur Deny Indrayana, Pabung 1012 Buntok Mayor R Hadi, Sekda Barito Timur Eskop serta jajaran kepala SOPD dan masyarakat umum.