Tradisi unik perayaan tahun baru di negara-negara Eropa

id perayaan tahun baru,Pesta kembang api , Tradisi unik perayaan tahun baru di Eropa,Tradisi unik perayaan tahun baru di negara-negara Eropa

Tradisi unik perayaan tahun baru di negara-negara Eropa

Tahun baru dirayakan dengan makan 12 butir anggur di Spanyol. (Shutterstock)

Jakarta (ANTARA) - Pesta kembang api dan bunyi terompet bukan satu-satunya cara merayakan tahun baru, ada berbagai tradisi berbeda di dunia yang dilakukan secara turun temurun untuk merasakan pergantian tahun.

Berikut ini adalah tradisi-tradisi unik perayaan tahun baru yang diterapkan di negara-negara Eropa, seperti dikutip dari berbagai sumber.

Spanyol
Perayaan tahun baru di Spanyol ditandai dengan tradisi makan 12 butir anggur. Sebutir anggur dimakan tiap detik setelah tengah malam, semua harus langsung dimakan ketika lewat tengah malam.

Setiap butirnya mewakili bulan dalam tiap tahun. Menyantap 12 butir anggur dipercaya akan memberikan keberuntungan selama 12 bulan mendatang.

Baca juga: Akan ada 13.000 bayi Indonesia lahir pada tahun baru, kata UNICEF

Romania
Orang Romania merayakan tahun baru dengan mengenakan kostum beruang, termasuk memakai kulit dan bulu beruang asli, lalu menari dari rumah ke rumah untuk mengusir roh jahat. Tidak diketahui kapan tradisi bernama "ursul" itu dimulai, tapi ada yang mengatakan tradisi itu sudah ada sejak 2000 tahun lalu.

Hungaria
Di Hungaria, makan daging babi pada tahun baru menyimbolkan kemakmuran untuk tahun mendatang. Tepat pada 1 Januari, daging ayam dan ikan dihindari di meja makan karena ada kepercayaan keberuntungan bisa terbang atau berenang menjauh seperti burung atau ikan.

Denmark
Memecahkan piring saat tahun baru di pintu rumah temanmu di Denmark bukan hal gila, tapi sebuah tradisi yang dipercaya bisa membawa keberuntungan setahun berikutnya.

Baca juga: Rekomendasi kegiatan di malam Tahun Baru

Mengenakan celana dalam merah saat tahun baru dipercaya bisa membuat pemakainya beruntung dalam percintaan. Merah adalah warna cinta dan kesuburan di Italia, jadi biasanya para muda-mudi memakai pakaian dalam berwarna merah pada malam tahun baru.

Jerman
Orang-orang Jerman menyantap "krapfen" atau donat isi pada malam tahun baru. Biasanya isian donat itu berupa selai buah atau cokelat. Dulu, donat hanya disantap pada kesempatan istimewa seperti malam tahun baru karena makanan manis termasuk jarang dan mahal, hanya bisa dibeli sebagian kecil orang.

Yunani
Di Yunani, orang menggantungkan bawang merah di pintu rumah mereka pada malam tahun baru sebagai lambang kelahiran kembali. Tepat pada 1 Januari, orangtua membangunkan anak-anaknya dengan memukulkan bawang merah ke kepala mereka.

Baca juga: 600 personel tim gabungan siap amankan malam pergantian tahun di Palangka Raya

Baca juga: Sambut Tahun Baru 2020, pertokoan Palangka Raya banyak tutup

Baca juga: Deretan tempat seru rayakan tahun baru di Jakarta

Pewarta :
Uploader : Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar