Karang Taruna Kotim didorong bantu optimalkan potensi desa

id Karang Taruna Kotim didorong bantu optimalkan potensi desa,Karang Taruna,Kotim,Kotawaringin Timur,Sampit

Karang Taruna Kotim didorong bantu optimalkan potensi desa

Jabatan Ketua Karang Taruna Kelurahan Baamang Hulu diserahterimakan dari Musthafa (jas Karang Taruna) kepada Rahmad Noor, Selasa (31/12/2019). ANTARA/HO-Karang Taruna Kotim

Sampit (ANTARA) - Warga Karang Taruna di Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah didorong membantu mengoptimalkan potensi desa masing-masing untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat.

"Melalui Karang Taruna kita bisa membantu menggali potensi-potensi yang selama ini terpendam, seperti kesenian dan UEP (usaha ekonomi produktif) yang merupakan salah satu program penting Karang Taruna," kata pengurus Karang Taruna Kotawaringin Timur Musthafa di Sampit, Selasa.

Harapan itu disampaikan Musthafa saat Temu Karya Karang Taruna Kelurahan Baamang Hulu Kecamatan Baamang. Dalam acara ini, tokoh muda Rahmad Noor terpilih menjadi Ketua Karang Taruna 'Jujung Harapan' Kelurahan Baamang Hulu menggantikan Musthafa yang telah berakhir masa jabatannya.

Rahmad Noor terpilih melalui proses pemilihan secara mufakat. Acara tersebut juga dihadiri Lurah Baamang Hulu Kasmojoyo yang sekaligus pembina Karang Taruna setempat.

Musthafa atau akrab disapa Topan, berharap Rahmad Noor yang menggantikannya memimpin Karang Taruna Baamang Hulu bisa membawa organisasi itu lebih maju dan berkontribusi besar terhadap masyarakat dan daerah.

Selama ini Karang Taruna 'Jujung Harapan' Kelurahan Baamang Hulu termasuk Karang Taruna yang aktif dalam berbagai kegiatan. Karang Taruna bersinergi dengan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah atau UMKM di kelurahan ini untuk menggerakkan ekonomi kerakyatan.

Dalam beberapa kesempatan, produk UMKM di Kelurahan Baamang Hulu mewakili Karang Taruna di berbagai kegiatan, bahkan hingga ke tingkat provinsi dan nasional.

Baca juga: Pimpin rapat evaluasi akhir tahun, ini harapan Bupati Kotim

Musthafa yakin potensi yang ada di Kelurahan Baamang Hulu maupun kelurahan dan desa lainnya di Kotawaringin Timur ini masih bisa dioptimalkan. Peran Karang Taruna sangat strategis untuk membantu masyarakat desa untuk bangkit dan terus maju dengan mengelola potensi di desa dan kelurahan masing-masing.

"Selain dalam hal ekonomi, warga Karang Taruna juga jangan lupa untuk tetap menjalankan kegiatan sosial membantu masyarakat. Melalui Karang Taruna, kita bisa membantu pemerintah dan masyarakat," kata Musthafa yang kini dikenal dengan kesuksesannya mengembangkan durian lokal diberi nama petak baduruh. 

Sementara itu, Lurah Baamang Hulu Kasmojoyo  menyampaikan terima kasihnya atas partisipasi Karang Taruna selama ini dalam membantu pemerintah dan masyarakat. Dia berharap kepengurusan yang baru di bawah kepemimpinan Rahmad Noor bisa membawa organisasi sosial ini berperan lebih besar lagi membantu masyarakat.

"Karang Taruna bisa masuk di setiap lini kehidupan masyarakat, baik melalui kegiatan sosial, pembangunan dan lainnya. Kami berharap Karang Taruna terus meningkatkan perannya di tengah masyarakat," demikian Kasmojoyo.

Baca juga: Pemkab Kotim tidak rayakan malam Tahun Baru

Baca juga: Kecelakaan lalu lintas di Kotim meningkat akibat kelalaian

Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar