Pemprov Kalteng catatkan berbagai keberhasilan capaian kinerja selama 2019

id Pemprov kalteng, kalteng, kalimantan tengah, wagub kalteng, habib ismail bin yahya, pergantian tahun, malam tahun baru, 2019-2020, pemkot, palangka ra

Pemprov Kalteng catatkan berbagai keberhasilan capaian kinerja selama 2019

Wagub Kalteng Habib Ismail bin Yahya (kanan) bersama Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin (dua dari kanan), Wakil Wali Kota Palangka Raya Umi Mastikah (dua dari kiri) dan Ketua DPRD Kalteng Wiyatno (kiri), saat malam pergantian tahun 2019-2020, Palangka Raya, Selasa, (31/12/2019). (ANTARA/Ho-Humas Pemprov Kalteng)

Palangka Raya (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah berhasil menorehkan sejumlah pencapaian keberhasilan kinerja selama tahun 2019, sebagai implementasi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2016-2021.

"Berbagai capaian telah berhasil diraih pada tahun 2019 ini, kami pun berharap hal-hal positif tersebut bisa terus dipertahankan dan ditingkatkan pada tahun 2020," kata Wakil Gubernur Kalteng Habib Ismail bin Yahya saat pisah sambut malam pergantian tahun 2019-2020 di Palangka Raya, Selasa.

Berbagai capaian itu, diantaranya pertumbuhan ekonomi Kalteng tumbuh sebesar 5,31 persen hingga triwulan ketiga 2019, meski di tengah tekanan ekonomi global, juga angka gini ratio per Maret 2019 sebesar 0,336 persen.

Tingkat kemiskinan per Maret 2019 sebesar 4,98 persen, tingkat pengangguran terbuka per Agustus 2019 sebesar 4,10 persen, Indeks Pembangunan Manusia sebesar 70,42 persen, serta penilaian Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI yakni Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) selama lima tahun berturut-turut.

"Bahkan tercatat selama tiga tahun terakhir ini, Kalteng mendapat berbagai penghargaan di tingkat nasional yang tentunya patut kita apresiasi," ungkapnya.

Baca juga: Sambut penumpang terakhir 2019, Wagub Kalteng beri kado dan menari bersama di Bandara Tjilik Riwut [VIDEO]

Penghargaan itu, diantaranya Penghargaan Penanganan Konflik Sosial tingkat nasional tahun 2017 dari Kementerian Dalam Negeri, Satya Lencana Pembangunan Bidang Koperasi dan UKM tahun 2018 dan Penghargaan Pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja tahun 2019 dari Kementerian Ketenagakerjaan.

Kemudian sebagai Pembina Umum Karang Taruna tahun 2019 dari Kementerian Sosial, hingga Penghargaan Pemerintah Daerah dengan kinerja terbaik penyelenggaraan DAK infrastruktur wilayah tengah (Jawa dan Kalimantan) tahun 2019 dan berbagai penghargaan lainnya.

Lebih lanjut ia menjabarkan, capaian kinerja lainnya pada sektor pariwisata, yakni Taman Nasional Tanjung Puting berhasil memopulerkan nama Kalteng di tingkat internasional, serta pada bidang pendidikan, angka harapan lama sekolah terus mengalami peningkatan.

"Berbagai capaian kinerja selama 2019 itu, kami harapkan bisa memacu semangat dan menjadi motivasi bagi pemerintah daerah, untuk bekerja lebih baik lagi dalam melaksanakan pembangunan di Kalteng," tegasnya.

Adapun pada pergantian tahun 2019-2020 tadi malam, Pemprov Kalteng berkolaborasi dengan Pemkot Palangka Raya, menggelar doa bersama dan lepas sambut tahun yang dipusatkan di Bundaran Besar. Acara yang dirangkai dengan berbagai hiburan itu juga dihadiri Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin, Wakil Wali Kota Umi Mastikah dan jajaran pejabat lainnya, serta masyarakat.

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar