Wali Kota: Perayaan tahun baru di Palangka Raya berlangsung aman

id palangka raya,fairid naparin,tahun baru 2020,tahun baru aman,tahun baru di palangka

Wali Kota: Perayaan tahun baru di Palangka Raya berlangsung aman

Wali Kota Palangka Raya, Fairid Naparin (tiga kanan) saat memantau pos pengamanan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 di Palangka Raya, Selasa (31/12) (ANTARA/Rendhik Andika)

Palangka Raya (ANTARA) - Wali Kota Palangka Raya, Fairid Naparin meyakinkan perayaan malam tahun baru 2020 yang dipusatkan di Bundaran Besar di ibu kota Provinsi Kalimantan Tengah, Selasa (31/12) akan berlangsung aman.

"Secara umum sampai saat ini tidak ada gangguan kamtimbas. Termasuk pada malam perayaan pemerintah kota, pemerintah provinsi bersama TNI, Polri serta pihak tekait lain akan maksimal untuk menjamin keamanan kegiatan masyarakat tersebut," kata Fairid di Palangka Raya, Selasa.

Dia pun mengimbau warga di "Kota Cantik" itu untuk turut aktif menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat terutama saat pelaksanaan perayaan malam tahun baru.

Baca juga: Wisatawan padati objek wisata di Palangka Raya pada awal tahun

Pernyataan itu diungkapkan Fairid disela pantauan ke sejumlah pos pengamanan Natal 2019 dan tahun baru 2020 di Kota Palangka Raya.

Pantauan itu dilakukan Fairid bersama sejumlah pejabat di jajaran pemerintah kota setepat beserta pihak Polresta Kota Palangka Raya. Lokasi yang dikunjungi yakni Pospam Lingkar Luar, Pospam di Jalan Yos Sudarso, Pospam Pahandut Seberang dan Pospam Bundaran Besar.

"Pantauan ini dimaksudkan untuk memberikan dukungan kepada para petugas dan juga untuk memastikan keamanan di wilayah tugas masing-masing pos maksimal," kata Fairid didampingi Wakil Wali Kota Palangka Raya, Umi Mastikah.

Fairid pun meminta masyarakat di kota setempat untuk tidak segan meminta bantuan kepada para petugas di lapangan saat menemui kesulitan atau kendala yang tak bisa ditangani sendiri.

Baca juga: Kawasan wisata Dermaga Kereng Bangkirai dipadati ribuan pengunjung

"Informasi dari petugas di Pos Pengamanan tak ada satu pun untuk wilayah Kota Palangka Raya tidak ada kejadian kecelakaan lalu lintas. Secara umum untuk kamtibmas juga masih kondusif," kata Fairid.

Sementara itu saat ini tim gabungan yang terdiri dari anggota Polresta Palangka Raya, Kodim 1016/Plk, Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Perhubungan dan anggota Polda Kalimantan Tengah dengan jumlah sekitar 600 personel siap mengamankan malam pergantian tahun.

"Dari sekitar 600 personel yang diterjunkan, salah satunya kami juga melibatkan tim jibom dari Polda Kalteng melakukan pengecekan di sejumlah tempat berkumpulnya pejabat, serta masyarakat yang merayakan malam pergantian tahun," kata Kabag Ops Polresta Palangka Raya AKP Hemat Siburian.

Hal tersebut juga tak lain bertujuan, agar masyarakat yang berkumpul dan menikmati acara hiburan yang dipusatkan di bundaran besar, merasa aman dan nyaman hingga puncak acara.

Baca juga: Tips kembalikan energi usai begadang malam Tahun Baru

Baca juga: Ribuan warga Palangka Raya abadikan pesta kembang api

Baca juga: Malam Tahun Baru di daerah ini tanpa suara kembang api dan terompet