Kemenag perlu tingkatkan pelayanan kepada masyarakat Bartim

id Kalimantan Tengah, Kalteng, Barito Timur, Bartim, Wabup Bartim,Habib Said Abdul Saleh Al Qadry

Kemenag perlu tingkatkan pelayanan kepada masyarakat Bartim

Wakil Bupati Barito Timur Habib Said Abdul Saleh Al Qadry menyerahkan bantuan paket sembako kepada kaum dhuafa secara simbolis ada peringatan Hari Amal Bakti ke-74 yang dilaksanakan di depan Kantor Kementerian Agama Barito Timur, Jumat (03/1/2020). (ANTARA/Ho Pemkab Bartim)

Tamiang Layang (ANTARA) - Wakil Bupati Barito Timur, Kalimantan Tengah, Habib Said Abdul Saleh Al Qadry  meminta seluruh jajaran aparatur Kementerian Agama di wilayah setempat agar terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, khususnya yang tidak mampu.

"Saat ini telah 74 tahun Hari Amal Bakhti Kementerian Agama, perlu ada transformasi pelayanan ke arah yang lebih baik lagi, kata Saleh di Tamiang Layang, Sabtu.

Dirinya mengharapkan tema Umat Rukun Indonesia Maju bisa diterapkan jajaran Kemenag Barito Timur untuk menjadi agen perubahan dalam memperkuat kerukunan antar umat beragama. Sebab, Berdasarkan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 pasal 29, Negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agamanya masing-masing dan untuk beribadah menurut agama dan kepercayaannya itu.

"Di kabupaten ini, kehidupan masyarakat yang majemuk telah menciptakan toleransi yang tinggi dalam kehidupan sosial masyarakat. Kondisi seperti ini perlu dipupuk dan terus dijaga," kata Saleh.

Wabup Bartim itu juga berpesan kepada seluruh lapisan masyarakat agar lebih pahami sejarah Kementerian Agama serta regulasi, tugas dan fungsi kementerian ini dalam konteks relasi agama dan negara untuk menjaga idealisme, kejujuran, integritas dan budaya kerja Kementerian Agama di tengah arus kehidupan yang serba materialistis, selaraskan antara kata dengan perbuatan, sesuaikan dengan sumpah jabatan.

Baca juga: Gara-gara kayu, warga Bartim tebas tetangga dengan parang

Dia juga meminta agar memperkuat ekosistem pembangunan bidang agama antar sektor dan antar pemangku kepentingan baik sesama institusi pemerintah tokoh agama organisasi keagamaan dan segenap elemen masyarakat.

"Rangkul semua golongan dan potensi umat dalam semangat kebersamaan kerukunan persatuan dan modernisasi beragama sejalan dengan falsafah Pancasila yang mempersatukan anak bangsa walaupun berbeda ras etnik dan agama dan golongan," katanya.

Sementara itu, Ketua DPRD Barito Timur Nursulistio mengharapkan Kementerian Agama Barito Timur bisa memperkuat ukhuwah atau persaudaraan umat beragama dan antar umat beragama.

"Kita harapkan bisa dan mampu memperkuat ukhuwah umat. Untuk itu, perlu dilaksanakan dengan maksimal program-program yang berkaitan dengan pembinaan umat beragama di Barito Timur," kata politisi Partai Golkar itu.

Dalam peringatan Hari Amal Bakti ke-74 yang dilaksanakan di depan Kantor Kementerian Agama Barito Timur, Jumat (03/1/2020)  ditandai dengan pembagian 40 paket sembako untuk kaum dhuafa dan anak yatim piatu, serta ditambah paket bantuan untuk mushola, TK dan TPA.

Baca juga: Petani millenial dilatih jadi ujung tombak pertanian Bartim

Baca juga: Kecelakaan lalu lintas di Barito Selatan naik 100 persen