Bupati Seruyan penuhi janjinya sumbangkan gaji pokok

id Pemkab seruyan, kuala pembuang, bupati seruyan, yulhaidir, uhai, gaji pokok, pembangunan

Bupati Seruyan penuhi janjinya sumbangkan gaji pokok

Bupati Seruyan Yulhaidir. (ANTARA/Ho-Protokol Pemkab Seruyan)

Kuala Pembuang (ANTARA) - Bupati Seruyan, Kalimantan Tengah Yulhaidir sudah memberikan gaji pokoknya sebesar 50 persen kepada Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) untuk dibagikan kepada masyarakat di wilayah setempat.

"Saat masa kampanye, saya berjanji kepada masyarakat untuk menzakatkan, infaq dan menyedekahkan gaji pokok yang diterima sebagai seorang bupati," katanya di Kuala Pembuang, Selasa.

Yulhaidir menegaskan, sebenarnya dirinya tak ingin apa yang dilakukan itu diberitakan atau diketahui publik. Namun dikarenakan hal tersebut berkaitan dengan pemenuhan janji, maka sebaiknya diinformasikan agar masyarakat tahu.

Baca juga: Camat Danau Sembuluh dan Seruyan Raya berganti, bupati pimpin pelantikan 46 pejabat struktural

Lanjutnya, sebenarnya pembagian zakat sudah dilaksanakan sejak tahun lalu, namun tidak terekspos. Pada tahun 2020, sebesar 50 persen dari gaji pokoknya diberikan kepada Baznas untuk disalurkan dan sisanya dibagikan sendiri.

Dirinya tak bermaksud ria atau sombong, sebab hal itu dilakukan sebatas memberitahukan kepada masyarakat bahwa dirinya telah menepati janji yang telah ia ucapkan saat kampanye.

Diharapakan semoga dengan adanya penyaluran zakat tersebut bisa membantu dan meringankan beban, serta menyejahterakan masyarakat tidak mampu di Seruyan.

Alasan gaji pokok miliknya sebesar 50 persen disalurkan melalui Baznas, diharapkan bisa lebih tepat sasaran penyalurannya karena memang tujuan terbentuknya Baznas untuk mengangkat kehidupan farkir miskin.

Baca juga: Empat desa di Seruyan terima bantuan kapal penyeberangan

Orang nomor satu di Bumi Gawi Hantantiring itu menjelaskan, pihaknya selalu berupaya memenuhi setiap janji yang telah diucapkan pada berbagai kesempatan, sebab baginya komitmen sangatlah penting, terlebih bagi seorang pemimpin.

Setahun lebih menjabat sebagai Bupati Seruyan, berbagai capaian pembangunan telah terealisasi, seperti operasiaonalnya Pelabuhan Teluk Segintung, terentaskannya Seruyan dari status kabupaten tertinggal dan lainnya.

"Janji kampanye itu harus saya tepati, jangan sampai saat kampanye berkoar-koar ingin membangun jembatan, jalan, membantu masyarakat dan lainnya, tetapi setelah terpilih lupa dengan janji-janjinya," tegasnya.

Ketua Baznas Seruyan Tajudinnor mengatakan, pihaknya berencana menemui Sekretaris Daerah Seruyan untuk menanyakan kapan hal itu akan diserahkan kepada Baznas.

"Rencananya gaji pokok Bupati Seruyan 50 persen akan diserahkan kepada Baznas dan sisanya disalurkan sendiri kepada masyarakat yang memang memerlukan. Untuk besaran jumlah gaji pokok yang akan dibagikan masih belum diketahui," ungkapnya.

Baca juga: Penerimaan mahasiswa baru Politeknik Seruyan dimulai Januari 2020