Bupati tegaskan pelaksanaan pembangunan di Sukamara harus sesuai target

id Pemkab Sukamara, sukamara, bupati sukamara, donefrid lalang, evaluasi, kinerja, pembangunan, pemerintah

Bupati tegaskan pelaksanaan pembangunan di Sukamara harus sesuai target

Rapat evaluasi pelaksanaan rencana pembangunan dan anggaran pemda di aula Bappeda Sukamara, Selasa,(7/1/2020). (ANTARA/Donefrid Lalang)

Sukamara (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sukamara, Kalimantan Tengah melakukan rapat evaluasi pelaksanaan rencana pembangunan dan anggaran 2019 di aula Bappeda setempat yang dipimpin langsung Bupati Windu Subagio bersama Wakil Bupati Ahmadi.

“Kita dapat mengetahui berbagai kendala melalui rapat ini, berdasarkan penyampaian setiap OPD selama pelaksanaan program dan kegiatan sepanjang tahun 2019 dan kemudian dievaluasi bersama,” kata Windu di Sukamara, Selasa.

Apabila diketahui kendala dan hambatan yang dialami selama pelaksanaan tersebut, tentu lebih memudahkan pihaknya dalam menentukan langkah yang diperlukan dalam pelaksanaan tahun 2020, baik yang bersumber dari APBD maupun APBN.

Pada kesempatan tersebut, Windu juga menyampaikan kepada seluruh kepala perangkat daerah untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, serta memastikan bahwa pelaksanaan rencana pembangunan dan anggaran berjalan sesuai target yang telah ditetapkan.

“Kita ketahui bersama bahwa rapat evaluasi ini sangat strategis, baik ditinjau mulai dari proses manajemen pembangunan maupun produk yang dihasilkan sebagai evaluasi kinerja kedepannya,” jelasnya di sela kegiatan.

Disisi lain, adanya evaluasi seperti ini akan mempermudah perangkat daerah mengetahui berbagai kelemahan dalam menjalankan program, sebagaimana yang tertuang dalam RPJMD Sukamara 2018-2023.

“Hal ini akan menjadi hal positif, sehingga kita dapat terus menjalankan pembangunan dengan baik sesuai visi dan misi yang telah ditetapkan dalam RPJMD," tuturnya.

Terkait beberapa hal yang disampaikan Presiden Republik Indonesia pada penyerahan daftar isian pelaksanaan anggaran tahun 2020, seluruh jajaran Pemkab Sukamara diharapkan bisa memerhatikannya.

Beberapa hal itu, diantaranya segera merealisasikan belanja negara guna memacu pertumbuhan ekonomi baik di tingkat pusat maupun daerah, serta belanja negara juga harus mendatangkan manfaat yang nyata bagi kesejahteraan rakyat.

Selain itu, pemerintah pusat dan daerah berkepentingan dalam meningkatkan kontribusi penerimaan perpajakan. Namun, peningkatan penerimaan tersebut hendaknya diikuti dengan peningkatan belanja negara yang lebih berkualitas.

“Beberapa poin yang disampaikan itu, tentunya sangat baik dan harus menjadi acuan kedepan guna meningkatkan setiap kinerja dalam pelaksanaan pembangunan pada tahun 2020,” tegasnya.