Wakil Bupati Kapuas minta FASI motivasi anak usia dini cinta Al-Quran

id kalimantan tengah,kalteng,kapuas,wakil bupati kapuas,FASI Kapuas,Muhammad Nafiah Ibnor

Wakil Bupati Kapuas minta FASI motivasi anak usia dini cinta Al-Quran

Wakil Bupati Kapuas, Kalimantan Tengah, Muhammad Nafiah Ibnor menyerahkan piala bergilir FASI kepada Ketua Umum DPD BKPRMI Kabupaten Kapuas, Miftahul Aqli, pada pembukaan FASI ke IX tahun 2020, di Aula Kantor Kementerian Agama setempat, Kamis (9/1) pagi. (ANTARA/ HO-Diskominfo Kapuas)

Kuala Kapuas (ANTARA) - Wakil Bupati Kapuas, Kalimantan Tengah, Muhammad Nafiah Ibnor dengan dilaksanakan Festival Anak Shaleh Indonesia (FASI) ke IX Tingkat Kabupaten Kapuas, diharapkan dapat motivasi untuk mendidik anak-anak sejak usia dini dan menanamkan rasa cinta Al Quran.

Langkah tersebut juga diharapkan dapat melahirkan dan menciptakan generasi muda yang memilki ilmu pengetahuan dan iman serta taqwa, kata Nafiah saat membuka FASI ke IX tahun 2020 di Aula Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kapuas, Kamis.

"Kami mohon maaf bapak Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat yang dalam kesempatan tersebut tidak dapat hadir.  Tapi beliau titip salam dan berharap kegiatan ini berlangsung dengan sukses serta sesuai harapan," tambahnya.

Dikatakan. Pemerintah Kabupaten Kapuas menyambut baik atas telaksananya kegiatan tersebut, dengan harapan kegiatan tersebut dapat terus meningkat.

"Kami berharap kegiatan seperti ini dapat terus ditingkatkan, karena bila mencintai Al Quran terlebih tuntas baca tulis Al Quran maka insyaallah akan mendapat rahmat dari Allah," kata Nafiah.

Sementara dalam laporannya Ketua Umum DPD Badan Komunikasi Pemuda dan Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Kabupaten Kapuas, Miftahul Aqli mengatakan, bahwa kegiatan yang dilaksanakan masih dalam rangka Hari Amal Bakti Kemenag ke 74.

"FASI adalah agenda nasional sementara Khataman dilaksanakan untuk memeriahkan kegiatan FASI serta Hari Amal Bakti tersebut,"kata dia.

Sedangkan maksud dan tujuan kegiatan sendiri untuk memberikan motivasi kepada santri agar mencintai Al Quran dan mengapresiasi kepandaian Baca Tulis Al Quran serta memperkokoh tali silaturahim.

Kegiatan FASI ke XI tingkat Kabupaten Kapuas sendiri diikuti, lanjutnya, diikuti 12 Kecamatan dengan jumlah peserta sebanyak 501 orang dan untuk Khataman Al Quran pada diikuti oleh 311 peserta.

"Hari ini yang mengikuti kegiatan ada sebanyak 812 orang. Sedangkan antinya piagam penghargaan akan didapatkan atas dilaksanakannya khataman massal oleh LPTQ Kabupaten Kapuas," terang Miftahul Aqli.

Ketua LPTQ Kabupaten Kapuas KH Muchtar Ruslan menyatakan rasa bangga karena atas terlaksananya kegiatan tersebut sebab diikuti oleh banyak peserta dengan harapan dapat membawa rahmat dan kebaikan untuk semuanya. 

KH Muchtar juga menerangkan bahwa program tuntas baca tulis Al Quran digelar oleh Pemerintah Kabupaten Kapuas dalam hal itu Dinas Pendidikan yang didukung Kemenag, BKPRMI dan LPTQ Kabupaten Kapuas, sehingga Kabupaten Kapuas menjadi masyarakat yang mencintai Al Quran.

Baca juga: Kalteng perlu dibangun jaringan telekomunikasi buka keterisolasian

"Saya mengajak kepada anak-anak untuk belomba-lomba membaca Al Quran dan menghafal Al Quran sejak dini," tutur Muchtar Ruslan.

Sementara itu, Ketua Umum DPW BKPRMI Provinsi Kalimantan Tengah Rus’ansyah mengatakan, bahwa BKPRMI Kabupaten Kapuas aktif mengikuti kegiatan yang diharapkan dapat dipertahankan karena tidak banyak Kabupaten Kota yang melaksanakan BKPRMI. 

"Ucapan syukur kita panjatkan, karena Kabupaten Kapuas dapat melaksanakan kegiatan ini, karena jika FASI dilaksanakan lebih dulu maka akan panjang waktu persiapan untuk mengikuti kegiatan FASI tingkat provinsi yang insyaallah akan dilaksanakan tanggal 9 sampai 12 April 2020 di Kota Sampit, Kabupaten Kota Waringin Timur," katanya.

Untuk tingkat Nasional, tambahnya, akan dilaksanakan pada tanggal 20 sampai dengan 23 Juni 2020, yang mana Kalimantan Tengah menjadi tuan rumah. 

"Terkait Program Baca Tulis Al Quran di Kabupaten Kapuas, saya mendukung penuh atas program tersebut," demikian Rus’ansyah.

Baca juga: Sukseskan sensus penduduk, BPS jalin kerja sama dengan Diskominfo KapuasBaca juga: Desa eduwisata pertanian holtikultura di Kapuas mulai sukses