Bupati Kapuas ingatkan pembangunan rumah jangan hambat arus air

id Bupati Kapuas ingatkan pembangunan rumah jangan hambat arus air,Kapuas,Bupati Kapuas,Ben Brahim S Bahat,Banjir

Bupati Kapuas ingatkan pembangunan rumah jangan hambat arus air

Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat saat terjun langsung mengecek saluran drainase yang ada di Kota Kuala Kapuas, Senin (13/1/2020). ANTARA/All Ikhwan

Kuala KapuasĀ  (ANTARA) - Bupati Kapuas, Kalimantan Tengah, Ben Brahim S Bahat mengingatkan masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan dan tidak membangun rumah di atas sungai maupun saluran drainase.

“Ini saya minta tugasnya Satpol PP untuk melakukan razia. Kalau perlu naik perahu kecil susuri sungai ini, nah pasti ketemu tiang-tiang rumah. Ini diingatkan, bikin surat peringatan untuk mereka menggeser, kita beri waktu misalnya tiga bulan atau enam bulan misalnya,” kata Bupati Ben Brahim S Bahat di Kuala Kapuas, Senin.

Ben Brahim memeriksa sejumlah saluran drainase yang ada di sepanjang kawasan jalan Tambun Bungai Kota Kuala Kapuas. Mantan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Kalimantan Tengah ini bahkan tidak ragu turun ke dalam saluran drainase untuk memeriksa sendiri kondisi saluran tersebut.

Saat melakukan pengecekan saluran drainase, orang nomor satu di Kabupaten Kapuas ini, berjalan kaki diikuti sejumlah kepala satuan organisasi perangkat daerah terkait, seperti Kepala Dinas PUPRPKP Kapuas Teras, Kepala Satpol PP dan Damkar Kapuas Sahripin, Kepala Dinas Pendidikan Kapuas Suwarno Muriyat dan instansi terkait lainnya.

Hasilnya ,dalam pengecekan sejumlah saluran drainase yang ada di Kota Kapuas saat itu, Ben Brahim mengatakan bahwa keadaan drainase yang sudah dibangun puluhan tahun tersebut, dinilai masih dalam keadaan baik.

“Hanya saja, yang perlu dilakukan adalah pembersihan lubang saluran saja karena banyak endapan lumpur yang kurang lebih ada 20 hingga 30 centimeter tingginya,” ujarnya.

Dikatakannya, pengecekan sejumlah saluran drainase yang ada di Kota Kuala Kapuas ini dalam rangka antisipasi banjir di daerah setempat. Walaupun Kota Kuala Kapuas tidak pernah dilanda bencana banjir namun langkah tersebut, katanya, perlu untuk dilakukan.

“Supaya kota ini betul-betul terjamin bebas banjir. Kita bersyukur Kapuas tidak pernah banjir, sistem drainasenya sangat bagus,” ucap Ben Brahim.

Saat pengecekan saluran drainase, Bupati Ben Brahim S Bahat berjalan kaki di bawah teriknya matahari, tanpa lelah dia mengecek satu persatu drainase yang ada. Bahkan Ben Brahim pun, dalam pengecekan saluran drainase saat itu, turun langsung melihat kondisi di dalam lubang saluran drainase tersebut.

Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar