Longsor di jalan menuju Bandara H Muhammad Sidik diperbaiki

id jalan bandara h muhammad sidik,longsor,jalan muara teweh-banjarmasin,km 14

Longsor  di jalan menuju Bandara H Muhammad Sidik diperbaiki

Kepala Bidang Bina Marga H Rody melakukan pengecekan perbaikan jalan yang longsor akibat hujan di jalan menuju bandara baru, Desa Trinsing Kecamatan Teweh Selatan, Selasa (14/1/2020).ANTARA/HO

Muara Teweh (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Barito Utara melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten (PUPR) melakukan perbaikan terhadap longsor di beberapa titik jalan menuju bandara baru Haji Muhammad Sidik di Desa Trinsing Kecamatan Teweh Selatan.

Selain melakukan perbaikan terhadap longsor, pihaknya juga membangun median. Pembangunan median jalan ini untuk mencegah longsor atau tergerusnya tanah di dalam median jalan tersebut, kata Kabid Bina Marga PUPR Barito Utara H Rody di Muara Teweh, Selasa.

“Kita saat ini melakukan perbaikan terhadap longsor di beberapa titik jalan menuju bandara baru akibat intensitas hujan yang sangat tinggi dalam beberapa hari terkahir ini. Perbaikan ini dilakukan melalui program Unit Perawatan Rutin (UPR) Dinas PUPR,”  tambah dia.

Menurut dia, untuk mencegah terjadinya longsong kembali bila terjadi hujan, pihaknya juga akan melakukan pemancangan kayu galam di beberapa titik tertentu yang rawan longsor. 

“Akan kita pancang kayu galam untuk menahan longsor di beberapa titik yang rawan longsor," kata dia.

Jalan masuk menuju bandara baru H Muhammad Sidik ini berada di kilometer 14 ruas Jalan Negara Muara Teweh-Banjarmasin. Sedangkan jalan masuk ke bandara baru sepanjang 2 kilometer.

Pantauan di lapangan dari simpang masuk bandara baru terlihat ada beberapa titik jalan yang mengalami longsor akibat tergerus hujan, namun sudah dilakukan penimbunan menggunakan alat berat dari Dinas PUPR.  

Bandara H Muhammad Sidik dijadwalkan pada tahun ini mulai beroperasi menggantikan bandara lama Bandara Beringin yang sudah tidak bisa diperluas lagi.