Disdik dan Kemenag bertekat wujudkan TBTQ menuju Kapuas cerdas

id kalimantan tengah,Kalteng,Kapuas,Kabupaten Kapuas,Kadisdik Kabupaten Kapuas,Suwarno Muriyat

Disdik dan Kemenag bertekat wujudkan TBTQ menuju Kapuas cerdas

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas Suwarno Muriyat menyerahkan kembali Piala Pemenang Festival Anak Shaleh Indonesia (FASI) ke XI tingkat Kabupaten Kapuas yang berhasil diraih oleh Kecamatan Dadahup, di Mesjid Annur Desa Bentuk Jaya Kecamatan Dadahup, Selasa (14/1). (ANTARA/ HO-Diskominfo Kapuas)

Kuala Kapuas (ANTARA) - Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, bersama Kantor Kementerian Agama (Kemanag) dan LPTQ setempat, terus gencar menggelar program Tuntas Baca Tulis Quran (TBTQ) di daerah setempat, khusus anak-anak usia 10 tahun, sebagai bentuk dukungan dalam mewujudkan Kapuas Cerdas.

"Wujudkan TBTQ menuju Kapuas cerdas itu dicanangkan langsung oleh Bupati Ben Brahim S Bahat akhir tahun lalu, sekaligus saat pemecahan Rekor Muri Tahfidz Al-Quran Juz 30 terbanyak," kata Kadisdik Kabupaten Kapuas Suwarno Muriyat saat menghadiri Khataman Al-Quran Masal di Kecamatan Dadahup, kemarin.

Dikatakan, TBTQ merupakan program yang sudah di canangkan oleh Bupati Kapuas, yang mana khataman Al Quran pada kesempatan tersebut adalah yang ketiga kalinya sejak Yayasan Pendidikan Al Quran  Diresmikan. Ke depan akan disusun Peraturan Daerah (Perda), bahwa anak-anak akan diwajibkan tuntas baca tulis Al-Quran, sehingga akan ada ujian baca tulis Al-Quran di tingkat SD, SMP dan SMA.

"Sehingga sebagaimana yang disiapkan oleh Bupati Kapuas untuk guru mengaji akan mendapat insentif serta ada 60 mentor atau yang akan membimbing ke sekolah-sekolah untuk guru-guru tentang bagaimana proses pengajaran mengaji,"terangnya.

Baca juga: Diskominfo Kapuas programkan desa bebas buta internet

Lebih lanjut dikatakannya, bahwa ke depan dalam Perda juga akan diatur agar bagaimana anak-anak mengaji setelah Sholat Magrib sampai dengan Sholat Isha. 'Sehingga tidak ada anak-anak yang berkeliaran pada jam tersebut dan tentu akan mengurangi dampak negatif pada anak yang sudah terpengaruh oleh lingkungan yang salah,"katanya.

Kepala Dinas Pendidikan yang juga menjabat sebagai Sekretaris Umum LPTQ Kabupaten Kapuas itu juga menyampaikan apresiasi atas setinggi-tingginya kepada semua pihak atas terlaksananya kegiatan. 

"Kami menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada panitia, Kepala Desa serta semua peserta hingga terlaksana kegiatan khatamanb Al-Quran masal pada hari itu, semoga dengan kegiatan seperti ini menjadi awal agar tidak ada keraguan terhadap Al-Quran dan menambah rasa cinta kepada Al-Quran," demikian Suwarno Muriyat.


Baca juga: Ribuan usaha walet di Kapuas belum berizin

Baca juga: Ben Brahim lantik camat dan pejabat lainnya, ini daftarnya

Pewarta :
Uploader : Admin 3
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar