DPRD apresiasi pengembangan wisata Danau Sembuluh

id DPRD apresiasi pengembangan wisata Danau Sembuluh,Seruyan,Danau Sembuluh,Muhtadin

DPRD apresiasi pengembangan wisata Danau Sembuluh

Anggota DPRD Seruyan Muhtadin di Ruang Rapat DPRD Seruyan, baru-baru ini. ANTARA/Istimewa

Kuala PembuangĀ  (ANTARA) - DPRD Kabupaten Seruyan Kalimantan Tengah mengapresiasi upaya pemerintah kabupaten dalam mengembangkan Danau Sembuluh sehingga menjadi objek wisata yang kini menjadi perhatian pemerintah pusat.

“Kami sangat mengapresiasi peran dari pemerintah daerah sehingga Danau Sembuluh bisa menjadi pembangunan prioritas nasional,“ kata Ketua Komisi III DPRD Seruyan Muhtadin di Kuala Pembuang, Kamis.

Danau Sembuluh yang terletak di Kecamatan Danau Sembuluh merupakan sebuah danau terbesar di Kalimantan Tengah dengan luas 7.832,5 hektare dan memiliki panjang sejauh 35,68 kilometer. Danau ini merupakan tempat bermuaranya sungai-sungai besar dan kecil seperti Kupang, Rungau, dan Ramania.

Menurut Muhtadin, masuknya Danau Sembuluh dalam program penyelamatan danau strategis nasional yang merupakan program dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia, tentu akan berdampak baik untuk danau tersebut.

Muhtadin berharap Danau Sembuluh dapat dilestarikan dengan baik. Danau tersebut perlu diselamatkan karena sangat besar potensinya untuk pengembangan wisata dan juga sebagai sumber penghasilan nelayan.

“Momentum seperti ini harus benar-benar bisa dimanfaatkan pemerintah daerah maupun masyarakat Seruyan,” ungkapnya.

Muhtadin menambahkan, tanggung jawab ini tidak hanya ditumpukan kepada pemerintah daerah. Masyarakat juga harus mampu menjaga serta melestarikan  Danau Sembuluh sehingga bermanfaat bagi daerah dan masyarakat sekitar.

Masyarakat sekitar objek wisata tersebut diharapkan mampu memberikan kesan yang bagus untuk pariwisata dari luar daerah. Harapannya, pengunjung akan meningkat dan pendapatan daerah juga meningkat.

Ia menambahkan untuk sektor pariwisata  yang bertajuk budaya dan alam ini berkaitan dengan keadaan lingkungan sekitar seperti halnya Danau Sembuluh. Oleh karena itu peran pemerintah daerah dalam mendukung kegiatan-kegiatan budaya dan upaya perbaikan serta pencegahan kerusakan khususnya di area potensi wisata masih sangat diperlukan.

Pengembangan pariwisata yang optimal akan menghasilkan berbagai dampak yang menguntungkan pendapatan daerah dan masyarakat setempat. Pengembangan pariwisata yang baik akan menciptakan berbagai efek yang salah satunya adalah kemajuan pariwisata daerah tersebut.

Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar