Disdik lakukan sejumlah upaya guna mewujudkan 'Kapuas Cerdas'

id Pemkab kapuas, kuala kapuas, bupati kapuas, ben brahim, kapuas cerdas, workshop, pendidikan, guru

Disdik lakukan sejumlah upaya guna mewujudkan 'Kapuas Cerdas'

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas Suwarno Muriyat, menyampaikan arahan pada Workshop Nasional Math Master For Teacher di Aula Handep Hapakat UPTD Pendidikan Kecamatan Basarang, Kamis, (16/1/2020). (ANTARA/Ho-Diskominfo Kapuas)

Kuala Kapuas (ANTARA) - Kecamatan Basarang, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah menjadi lokasi pertama 'Workshop Nasional Math Master For Teacher' yang nantinya akan dilaksanakan di seluruh kecamatan di wilayah setempat.

"Ini kami lakukan guna menyongsong Program Kapuas Cerdas yang nantinya akan diresmikan langsung oleh Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat," kata Kepala Dinas Pendidikan Kapuas Suwarno Muriyat di Kuala Kapuas, Kamis.

Kegiatan yang mengangkat tema strategi hebat guru matematika se-Kapuas untuk mendukung program Kapuas Cerdas itu, telah dikoordinasikan dengan seluruh pihak terkait di setiap kecamatan.

Dijelaskannya, Kapuas Cerdas merupakan program yang menjadikan guru harus hebat dalam segala hal, serta semua mata pelajaran. Pihaknya meyakini jika para guru melaksanakan tugas sesuai ajaran agamanya masing-masing, maka semuanya akan baik dan aman.

"Anak-anak akan hebat jika guru-gurunya hebat. Oleh sebab itu, saya meminta kepada seluruh peserta kegiatan untuk mengikutinya dengan baik, sehingga dapat dimanfaatkan di sekolah masing-masing dan membagikan ilmu pengetahuan yang diterima kepada teman-temannya," ucapnya.

Terkait pembelajaran, baik untuk matematika dan semua mata pelajaran diyakini akan menjadi lebih mudah, jika gurunya memahami dan mengerti metode pembelajaran yang tepat, serta bagaimana membuat suasana kondusif.

"Suasana kondusif akan membuat anak-anak nyaman saat belajar dan guru bisa membuat kegiatan mengajar yang lebih bermakna bagi anak-anak," jelasnya.

Lebih lanjut ia menuturkan, para peserta workshop akan diundang untuk bertemu Bupati Kapuas dan berdialog bersama-sama. Tujuannya adalah untuk menyamakan persepsi dan langkah, guna terciptanya Kapuas Cerdas.

Sementara itu Kepala UPTD Pendidikan Kapuas Sulang mengucapkan terima kasih, atas kehadiran Kepala Dinas Pendidikan pada kesempatan itu.

Pada kegiatan tersebut, Kepala Dinas Pendidikan Kapuas menjelaskan tujuannya, yaitu meningkatkan keterampilan para guru sesuai dengan program pemerintah daerah setempat, dalam rangka mendukung Kapuas Cerdas.

"Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan pada hari ini dari 27 sekolah yang ada di Kecamatan Basarang. Narasumber pada kegiatan itu, yaknk Saifudin atau yang dikenal dengan sebutan Ki Ipud Sang Kalkulator Hidup dari Kampung Inggris Pare Kediri Jawa Timur," jelas Sulang.

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar